Menu Tutup

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Metode penelitian adalah proses yang digunakan oleh para peneliti untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpulkan data untuk memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan penelitian. Terdapat berbagai macam metode penelitian yang dapat digunakan oleh para peneliti, di antaranya adalah:

  1. Penelitian kualitatif: Merupakan metode penelitian yang berfokus pada pemahaman fenomena secara mendalam dan mengutamakan interpretasi dari data yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif meliputi observasi, wawancara, dan studi kasus.
  2. Penelitian kuantitatif: Merupakan metode penelitian yang berfokus pada pengumpulan data yang dapat diukur dan dianalisis secara statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif meliputi survei, eksperimen, dan analisis data sekunder.
  3. Penelitian eksperimen: Merupakan metode penelitian yang menguji hipotesis dengan mengontrol variabel bebas dan mempelajari pengaruhnya terhadap variabel terikat.
  4. Penelitian survei: Merupakan metode penelitian yang mengumpulkan data dari responden dengan menggunakan kuesioner atau wawancara.
  5. Penelitian studi kasus: Merupakan metode penelitian yang menelaah fenomena atau masalah dari sudut pandang yang berbeda dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber.
  6. Penelitian historis: Merupakan metode penelitian yang menelaah masalah atau fenomena yang telah terjadi di masa lalu dengan mengumpulkan data dari sumber sejarah.
  7. Penelitian komparatif: Merupakan metode penelitian yang membandingkan dua atau lebih fenomena atau masalah dari sudut pandang yang berbeda.
  8. Penelitian partisipatif: Merupakan metode penelitian yang mengajak responden atau subjek penelitian untuk ikut serta dalam proses penelitian.
  9. Penelitian etnografi: Merupakan metode penelitian yang menelaah kebudayaan suatu kelompok masyarakat dengan cara mengamati langsung dan berinteraksi dengan anggota kelompok tersebut.
  10. Penelitian naratif: Merupakan metode penelitian yang mengumpulkan data dari cerita atau narasi responden.

Baca Juga: