Menu Tutup

Jurusan Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar

Memilih jurusan kuliah adalah salah satu keputusan penting yang akan menentukan masa depan seseorang. Banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan yang populer atau memiliki persaingan yang tinggi, tanpa mempertimbangkan peluang kerja yang sebenarnya. Padahal, ada banyak jurusan yang peminatnya sedikit namun memiliki prospek kerja yang besar. Jurusan-jurusan ini biasanya terkait dengan bidang ilmu yang spesifik, kompleks, atau kurang dikenal oleh masyarakat. Namun, justru karena itu, lulusan jurusan-jurusan ini memiliki keunggulan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh banyak sektor.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 jurusan paling sedikit peminat tapi peluang kerja besar, berdasarkan beberapa sumber1234. Kami juga akan memberikan penjelasan singkat tentang apa yang dipelajari di jurusan tersebut dan di mana lulusannya bisa bekerja.

1. Geofisika

Geofisika adalah jurusan yang mempelajari fisika bumi dan geologi secara mendalam. Lulusan geofisika bisa bekerja sebagai ahli geologi, peneliti bumi, atau konsultan lingkungan. Bidang ini sangat dibutuhkan oleh industri pertambangan, minyak dan gas, serta lembaga penelitian dan pengembangan.

2. Fisika Medis

Fisika medis merupakan bidang yang menggabungkan ilmu fisika dengan kedokteran. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli fisika yang bekerja di rumah sakit atau pusat medis. Lulusan fisika medis bisa bekerja sebagai spesialis radiologi, terapi radiasi, atau pengembangan teknologi medis.

3. Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan bahasa utama di negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Jurusan Bahasa Arab memiliki peluang kerja yang menjanjikan di era globalisasi. Lulusan Bahasa Arab bisa bekerja sebagai penerjemah, diplomat, atau ahli bahasa Arab.

4. Astronomi

Astronomi adalah jurusan yang mempelajari benda langit dan fenomena alam semesta. Jurusan ini sangat menarik bagi pecinta ruang angkasa. Lulusan astronomi bisa bekerja sebagai peneliti, pendidik, atau astronom profesional di lembaga astronomi terkemuka seperti Observatorium Bosscha atau LAPAN.

5. Filologi

Filologi adalah studi mendalam tentang bahasa dan sastra. Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat tinggi dalam sejarah dan budaya. Lulusan filologi bisa bekerja sebagai penerjemah, editor buku, peneliti, atau guru bahasa.

6. Konservasi Laut

Konservasi laut adalah jurusan yang fokus pada pelestarian ekosistem laut dan keanekaragaman hayati. Jurusan ini sangat relevan dengan isu lingkungan saat ini. Lulusan konservasi laut bisa bekerja sebagai ahli biologi laut, konservasionis, atau pengelola kawasan konservasi.

7. Fotografi

Fotografi bukan hanya hobi, tetapi juga bisa menjadi karir yang menjanjikan. Jurusan fotografi memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang fotografer profesional. Lulusan fotografi bisa bekerja sebagai fotografer media, periklanan, seni, atau dokumenter.

8. Biokimia

Biokimia adalah jurusan yang mempelajari interaksi molekuler dalam organisme hidup. Jurusan ini sangat penting untuk memahami proses biologis dan penyakit pada tingkat molekuler. Lulusan biokimia bisa bekerja sebagai ahli biokimia, bioteknologi, farmasi, atau kedokteran.

9. Aktuaria

Aktuaria adalah jurusan yang mempelajari ilmu analisis risiko keuangan. Jurusan ini sangat dibutuhkan oleh industri asuransi, perbankan, investasi, dan keuangan lainnya. Lulusan aktuaria bisa bekerja sebagai ahli aktuaria, analis keuangan, konsultan, atau auditor.

10. Ilmu Perpustakaan

Ilmu perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari pengelolaan perpustakaan, manajemen, dan teknologi informasi di dalamnya. Jurusan ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pustakawan, tetapi juga document controller atau sekretaris. Lulusan ilmu perpustakaan bisa bekerja di berbagai jenis perpustakaan, baik akademik, umum, khusus, maupun digital.

Kesimpulan

Itulah 10 jurusan paling sedikit peminat tapi peluang kerja besar yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari jurusan kuliah. Pilihan jurusan yang tepat bisa membuka pintu kesuksesan di masa depan. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi jurusan-jurusan di luar kebiasaan dan ikuti passion Anda.

Sumber:
(1) 25 Jurusan Ini Paling Sepi Peminat Tapi Peluang Kerja Besar. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230719123250-33-455613/25-jurusan-ini-paling-sepi-peminat-tapi-peluang-kerja-besar.
(2) 20 Jurusan Kuliah Sedikit Peminat tetapi Lulusannya Banyak Dibutuhkan. https://www.kompas.com/edu/read/2022/11/24/080000471/20-jurusan-kuliah-sedikit-peminat-tetapi-lulusannya-banyak-dibutuhkan.
(3) 25 Jurusan Paling Sedikit Peminat tapi Peluang Kerja Besar – CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230712115616-33-453559/25-jurusan-paling-sedikit-peminat-tapi-peluang-kerja-besar.
(4) 10 Jurusan Yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar – RENESIA. https://www.renesia.com/10-jurusan-yang-sedikit-peminat-tapi-peluang-kerja-besar/.

Baca Juga: