Menu Tutup

Kapan Harta Gono Gini Dibagikan?

Harta gono gini adalah harta milik bersama dari suami dan istri yang mereka peroleh selama perkawinan. Harta gono gini bisa berupa benda yang dibeli bersama, uang yang diperoleh dari hasil usaha bersama, atau harta yang diberikan oleh orang lain kepada pasangan suami istri selama perkawinan berlangsung²³.

Harta gono gini berbeda dengan harta bawaan dan harta masing-masing. Harta bawaan adalah harta yang dimiliki oleh suami atau istri sebelum menikah, seperti warisan, hibah, atau usaha sendiri²³. Harta masing-masing adalah harta yang diperoleh oleh suami atau istri selama perkawinan sebagai hadiah atau warisan untuk masing-masing, bukan atas usaha bersama²³.

Harta gono gini menjadi penting untuk dibahas ketika terjadi perceraian antara suami dan istri. Menurut UU Perkawinan, harta gono gini harus dibagi secara adil antara kedua belah pihak²³. Namun, bagaimana cara dan kapan pembagian harta gono gini dilakukan?

Cara Pembagian Harta Gono Gini

Cara pembagian harta gono gini tergantung pada hukum yang berlaku bagi pasangan suami istri tersebut. Ada perbedaan antara pembagian harta gono gini menurut undang-undang dan menurut hukum Islam.

Menurut Undang-Undang

Menurut undang-undang, pembagian harta gono gini dilakukan dengan cara membagi harta yang ada menjadi dua bagian yang sama besar²⁴. Jika ada sisa atau kelebihan, maka sisa atau kelebihan tersebut dibagi lagi secara adil²⁴.

Pembagian harta gono gini menurut undang-undang bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

– Secara damai, yaitu dengan kesepakatan bersama antara suami dan istri mengenai pembagian harta gono gini. Kesepakatan tersebut harus dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak di hadapan pejabat yang berwenang²⁴.

– Secara paksa, yaitu dengan mengajukan permohonan pembagian harta gono gini ke pengadilan negeri yang berwenang. Permohonan tersebut harus disertai dengan bukti-bukti mengenai kepemilikan dan nilai harta gono gini. Pengadilan akan memeriksa dan memutuskan pembagian harta gono gini sesuai dengan ketentuan undang-undang²⁴.

Menurut Hukum Islam

Menurut hukum Islam, pembagian harta gono gini dilakukan dengan cara membagi harta sesuai dengan kontribusi masing-masing pihak dalam memperoleh atau mengurus harta tersebut³⁵. Jika kontribusi tidak bisa ditentukan secara pasti, maka pembagian dilakukan secara proporsional sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masing-masing pihak³⁵.

Pembagian harta gono gini menurut hukum Islam juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

– Secara damai, yaitu dengan kesepakatan bersama antara suami dan istri mengenai pembagian harta gono gini. Kesepakatan tersebut harus dibuat secara tertulis dan ditandatangani oleh kedua belah pihak di hadapan pejabat yang berwenang atau saksi-saksi yang adil³⁵.

– Secara paksa, yaitu dengan mengajukan permohonan pembagian harta gono gini ke pengadilan agama yang berwenang. Permohonan tersebut harus disertai dengan bukti-bukti mengenai kepemilikan dan nilai harta gono gini. Pengadilan akan memeriksa dan memutuskan pembagian harta gono gini sesuai dengan ketentuan hukum Islam³⁵.

Kapan Pembagian Harta Gono Gini Dilakukan?

Kapan pembagian harta gono gini dilakukan tergantung pada cara pembagian yang dipilih oleh pasangan suami istri tersebut. Jika pembagian dilakukan secara damai, maka pembagian bisa dilakukan kapan saja sebelum atau sesudah perceraian, asalkan ada kesepakatan bersama antara kedua belah pihak²³.

Namun, jika pembagian dilakukan secara paksa, maka pembagian harus dilakukan setelah perceraian resmi terjadi. Hal ini karena pengadilan hanya bisa memutuskan pembagian harta gono gini jika perkawinan sudah putus secara hukum²³.

Demikianlah artikel tentang kapan harta gono gini dibagikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang harta gono gini. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah lain seputar harta gono gini, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli hukum keluarga yang berpengalaman di sini.

Sumber:
(1) Harta Gono-Gini Setelah Bercerai – Hukumonline. https://www.hukumonline.com/klinik/a/harta-gono-gini-setelah-bercerai-cl6045/.
(2) Apa Itu Harta Gono Gini? Jenis, Pembagian, dan Contoh Suratnya. https://mekarisign.com/id/blog/harta-gono-gini/.
(3) Cara Pembagian Harta Gono Gini dan Penjelasan Lengkapnya – Rumah.com. https://www.rumah.com/panduan-properti/harta-gono-gini-42211.
(4) Harta Gono-gini dalam Islam – KonsultasiSyariah.com. https://konsultasisyariah.com/14448-teka-teki-harta-gono-gini.html.
(5) Harta Gono-gini dalam Islam – KonsultasiSyariah.com. https://bing.com/search?q=harta+gono+gini.

Baca Juga: