Keutamaan Hari Jumat

Hari Jum’at disebut juga “Sayyidul Ayyam”, artinya “tuannya hari”. Hari Jum’at mempunyai keistimewaan dibandingkan hari lain.  Kata Jum’at diambil dari kata “jama’a” yang artinya “berkumpul”. Yaitu hari berkumpulnya umat muslim untuk melaksanakan kebaikan berupa salat Jum’at.

Salah satu bukti keistimewaan hari Jum’at adalah disyariatkannya salat Jum’at. Yaitu salat Zuhur berjamaah pada hari Jum’at. Bahkan mandinya hari Jum’at pun mengandung unsur ibadah, karena hukumnya sunnah.

Imam Syafi’i menjelaskan sunahnya mandi pada hari Jum’at. Meskipun salat Jum’at dilaksanakan pada waktu salat Zuhur, namun mandi Jum’at boleh dilakukan semenjak dini hari, setelah terbit fajar.

Salah satu hadis menerangkan bahwa siapa yang mandi pada hari Jum’at dan mendengarkan khutbah Jum’at, maka Allah Swt. akan mengampuni dosa di antara dua Jum’at.

Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu menyertakan niat setiap mandi di pagi hari Jum’at. Karena hal itu akan memberikan nilai ibadah pada mandi kita.

Inilah yang membedakan mandi di pagi hari Jum’at dengan mandi-mandi yang lain. Tetapi jangan lupa persiapkan juga diri kita untuk salat Jum’at dengan sebaik-baiknya.