Komputer Sleep CPU Masih Menyala

Apabila komputer Anda masuk ke mode sleep (hibernate) namun CPU masih menyala, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

Ada aplikasi atau program yang masih berjalan di latar belakang.

Beberapa aplikasi atau program dapat mempertahankan CPU untuk terus menyala meskipun komputer telah masuk ke mode sleep. Anda dapat mematikan aplikasi atau program yang tidak diperlukan agar komputer dapat benar-benar masuk ke mode sleep.

Ada perangkat yang terhubung ke komputer yang mencegah komputer masuk ke mode sleep.

Beberapa perangkat, seperti printer atau hard drive eksternal, dapat mencegah komputer masuk ke mode sleep dengan terus mengirimkan sinyal ke komputer. Pastikan untuk mematikan atau mencopot perangkat tersebut jika tidak diperlukan agar komputer dapat benar-benar masuk ke mode sleep.

Ada masalah dengan power plan komputer.

Anda dapat memeriksa setting power plan komputer Anda dan memastikan bahwa komputer benar-benar diatur untuk masuk ke mode sleep saat tidak digunakan.

Ada masalah dengan hardware atau driver komputer.

Jika masalah ini terus terjadi meskipun Anda telah mematikan semua aplikasi atau perangkat yang tidak diperlukan dan mengecek power plan komputer, maka mungkin ada masalah dengan hardware atau driver komputer yang perlu diperbaiki. Sebaiknya hubungi tukang service atau produsen komputer untuk meminta bantuan.