Konsep Pemasaran

Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah gres yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah gres ini disebut konsep pemasaran (marketing concept). Sebagai falsafah bisnis, konsep pemasaran bertujuan menyampaikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen atau berorientasi pada konsumen (consumer oriented).

Adapun beberapa pengertian dari beberapa tokoh perihal konsep pemasaran. Menurut Swastha (1979:17) “Konsep pemasaran yaitu sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.” Sedangkan definisi lain menyatakan bahwa konsep pemasaran yaitu menjadi lebih efektif dari para pesaing dalam memadukan aktivitas pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran (Kotler,1997:17).

Ada lima konsep pemasaran yang mendasari cara perusahaan melaksanakan aktivitas pemasarannya yaitu:

Konsep berwawasan Produksi

Konsep ini beropini bahwa konsumen akan menentukan produk yang gampang didapat dan murah harganya sehingga fokus utamanya yaitu meningkatkan efisiensi produksi dan memperluas cakupan distribusi.

Konsep berwawasan Produk

Konsep ini beropini bahwa konsumen akan menentukan produk yang menyampaikan mutu, kinerja terbaik dan hal-hal inovatif lainnya sehingga fokus utamanya yaitu membuat produk yang lebih baik dan berusaha terus menerus untuk menyempurnakannya.

Konsep berwawasan Penjualan

Konsep ini beropini bahwa kalau konsumen dibiarkan saja maka konsumen tidak akan membeli produk perusahaan dalam jumlah cukup. Oleh sebab itu, perusahaan harus melaksanakan perjuangan penjualan dan promosi yang agresif.

Konsep berwawasan Pemasaran

Konsep ini beropini bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta menyampaikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaingnya. Konsep ini didasarkan pada empat sendi utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran yang terkoordinasi, serta keuntungan.

Konsep berwawasan Pemasaran bermasyarakat

Konsep ini beropini bahwa kiprah perusahaan yaitu menentukan kebutuhan dan einginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhinya dengan lebih efektif dan efisiensi dari pada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

Mursid, M.2010.Manajemen Pemasaran.Jakarta: Bumi Aksara

Swastha, B. (1979). Marketing principles. Yogyakarta: Liberty.

Min, S., & Mentzer, J. T. (2000). The role of marketing in supply chain management. International journal of physical distribution & logistics management.

https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_pemasaran