Langkah Menyelesaikan Skripsi

Menyusun skripsi merupakan salah satu tugas akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa pada akhir masa studi. Skripsi merupakan laporan hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan metode ilmiah. Skripsi ini akan menjadi bukti bahwa mahasiswa telah menyelesaikan seluruh mata kuliah yang diwajibkan dan dapat menjadi landasan untuk memperoleh gelar sarjana.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyusun skripsi:

Pilih topik yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Sebelum memulai penelitian, ada baiknya mahasiswa memilih topik yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Hal ini akan memudahkan dalam mengerjakan skripsi dan menghindari kejenuhan di tengah jalan.

Buat proposal penelitian.

Setelah memilih topik, selanjutnya adalah menyusun proposal penelitian. Proposal ini merupakan rancangan penelitian yang berisi latar belakang masalah, tujuan penelitian, metode penelitian, sampel penelitian, dan jadwal pelaksanaan penelitian. Proposal ini harus disetujui oleh dosen pembimbing sebelum penelitian dilakukan.

Lakukan penelitian.

Setelah proposal disetujui, mahasiswa dapat mulai melakukan penelitian. Penelitian ini harus dilakukan dengan metode ilmiah, yaitu dengan mengumpulkan data yang valid dan terpercaya, menganalisis data, dan menarik kesimpulan dari hasil analisis.

Buat draf skripsi.

Setelah penelitian selesai, mahasiswa dapat mulai menyusun draf skripsi. Draf ini merupakan naskah awal yang berisi seluruh hasil penelitian. Draf ini harus disusun sesuai dengan format yang ditentukan, yaitu terdiri dari bab pendahuluan, bab tinjauan pustaka, bab metode penelitian, bab hasil dan pembahasan, dan bab simpulan dan saran.

Revisi draf skripsi.

Revisi ini dilakukan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada draf, seperti kelengkapan data, kejelasan pemaparan, dan tata bahasa. Revisi ini bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan dosen pembimbing.

Ajukan skripsi ke pembahas.

Setelah revisi selesai, mahasiswa dapat mengajukan skripsi kepada dosen pembahas. Pembahas adalah dosen yang ditunjuk oleh fakultas untuk memeriksa skripsi dan memberikan masukan untuk perbaikan.

Lakukan perbaikan skripsi sesuai masukan pembahas.

Setelah skripsi diajukan kepada pembahas, mahasiswa harus melakukan perbaikan sesuai dengan masukan yang diberikan oleh pembahas. Perbaikan ini bertujuan untuk membuat skripsi lebih baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Ajukan skripsi ke penguji.

Setelah perbaikan selesai, skripsi dapat diajukan kepada penguji. Penguji adalah dosen yang ditunjuk oleh fakultas untuk menguji skripsi mahasiswa.

Sidang skripsi.

Setelah skripsi diajukan kepada penguji, mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti sidang skripsi. Sidang skripsi adalah forum untuk mempresentasikan hasil penelitian yang telah dilakukan dan menjawab pertanyaan dari penguji.