Macam-macam Indeks Jurnal

Indeks jurnal adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengukur kinerja jurnal ilmiah. Berikut adalah beberapa macam indeks jurnal yang umum digunakan:

Impact Factor (IF)

Impact Factor adalah indeks yang paling terkenal dan banyak digunakan untuk mengukur kinerja jurnal ilmiah. IF dihitung berdasarkan jumlah citasi yang diperoleh oleh sebuah jurnal dalam 2 tahun terakhir, dengan menggunakan rumus (Jumlah citasi dalam 2 tahun terakhir)/(Jumlah artikel dalam 2 tahun terakhir).

Journal Citation Reports (JCR)

JCR adalah database yang mengindeks jurnal ilmiah dan menyediakan informasi mengenai Impact Factor, indeks h-5, indeks h-10, dan berbagai indikator lainnya yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja jurnal ilmiah.

Scimago Journal Rank (SJR)

SJR adalah indeks yang dihitung berdasarkan jumlah citasi yang diperoleh oleh sebuah jurnal, dengan memberikan bobot yang lebih tinggi pada citasi yang berasal dari jurnal yang memiliki SJR yang tinggi.

h-index

h-index adalah indeks yang dihitung berdasarkan jumlah citasi yang diperoleh oleh sebuah artikel, dengan memberikan bobot yang lebih tinggi pada citasi yang berasal dari artikel yang memiliki tingkat citasi yang tinggi.

indeks h-5

indeks h-5 adalah indeks yang menunjukkan jumlah citasi yang diperoleh oleh sebuah artikel dalam lima tahun terakhir.

indeks h-10

indeks h-10 adalah indeks yang menunjukkan jumlah citasi yang diperoleh oleh sebuah artikel dalam sepuluh tahun terakhir.