Manajemen Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan

Pengertian Pemecahan Masalah

Hasil dari acara pemecahan masalah yakni solusi. Memikirkan masalah sebagai sesuatu hal yang selalu jelek yakni suatu hal yang gampang untuk dilakukan, lantaran kita jarang mengartikan frase mengambil laba dari sebuah situasi sama halnya dengan kita mengartikan frase memperbaiki sebuah situasi yang buruk. Kita akan memperhitungkan peraihan kesempatan ke dalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah (problem) sebagai suatu kondisi atau insiden yang merugikan atau mempunyai potensi untuk merugikan bagi sebuah perusahaan atau yang menguntungkan atau mempunyai potensi untuk menghasilkan keuntungan. Selama proses pemecahan masalah, manajer akan terlibat dalam pengambilan keputusan, yaitu tindakan menentukan aneka macam alternatif tindakan. Keputusan yakni tindakan tertentu yang dipilih. Biasanya, pemecahan satu masalah akan membutuhkan beberapa keputusan

Tahapan – Tahapan Pemecahan Masalah

Menurut Herbet A. Simon, pemecahan masalah akan terlibat dalam empat hal, yaitu :

1. Aktivitas Intelijen, mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi di dalam lingkungan.

2. Aktivitas perancangan, menemukan, membuatkan dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan tindakan.

3. Aktivitas pemilihan, menentukan satu tindakan tertentu dari aneka macam tindakan yang tersedia.

4. Aktivitas peninjauan, menilai pilihan-pilihan masa lalu.

Definisi Pengambilan Keputusan

Keputusan yakni proses penelusuran masalah yang berawal dari latar belakang masalah, identifikasi masalah hingga kepada terbentuknya kesimpulan atau rekomendasi. Rekomendasi itulah yang selanjutnya digunakan dan digunakan sebagai fatwa basis dalam pengambilan keputusan. Oleh lantaran itu, begitu besarnya efek yang akan terjadi bila seandainya rekomendasi yang dihasilkan tersebut terdapat kekeliruan atau adanya kesalahan-kesalahan yang tersembunyi lantaran faktor-faktor ketidakhati-hatian dalam melaksanakan pengkaijan masalah.

Pengambilan keputusan yakni melaksanakan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Keputusan ini diambil sehabis melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum pilihan dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahapan tersebut sanggup saja mencakup identifikasi masalah utama, menyusun alternatif yanga kan dipilih dan hingga pada pengambilan keputusan yang terbaik.

Secara umum, pengertian pengambilan keputusan telah dikemukakan oleh banyak ahli, diantaranya yakni :

1. G.R. Terry : Mengemukakan bahwa pengambilan keputusan yakni sebagai pemilihan yang didasarkan kriteria tertentu atas dua atau lebih alternative yang mungkin.