Menu Tutup

Mata Minus dan Peluang Menjadi Anggota TNI

Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Menjadi anggota TNI berarti berdedikasi untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan negara. Namun, tidak semua orang bisa menjadi anggota TNI. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kesehatan mata.

Apa itu Mata Minus?

Mata minus atau miopia adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan melihat benda yang jauh. Penderita mata minus bisa melihat benda dekat dengan jelas, namun benda yang jauh akan terlihat kabur. Mata minus terjadi karena bentuk bola mata yang terlalu panjang atau kornea mata yang terlalu melengkung.

Persyaratan Kesehatan untuk Masuk TNI

Untuk bisa bergabung dengan TNI, calon anggota harus memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan. Persyaratan kesehatan tersebut meliputi:

  • Mempunyai tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.
  • Memiliki indeks massa tubuh (IMT) ideal, yaitu antara 18,5 – 27.
  • Memiliki kondisi jantung, paru-paru, ginjal, dan hati yang sehat.
  • Memiliki penglihatan yang baik.

Terlihat bahwa salah satu persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi adalah memiliki penglihatan yang baik. Namun, seberapa baik penglihatan yang dibutuhkan untuk bisa masuk TNI?

Standar Penglihatan untuk Masuk TNI

TNI memiliki standar penglihatan yang harus dipenuhi oleh calon anggota. Standar tersebut diatur dalam Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/7/X/1984 tentang Penetapan Standar Kesehatan Jasmani dan Rohani Calon Prajurit TNI AD1. Berikut adalah standar penglihatan untuk masuk TNI:

  • Penglihatan jarak jauh minimal 6/12 pada kedua mata, tanpa kacamata atau lensa kontak.
  • Penglihatan jarak dekat minimal 6/9 pada kedua mata, tanpa kacamata atau lensa kontak.
  • Tidak ada kelainan pada bola mata, iris, dan lensa mata.
  • Tidak ada kelainan pada lapangan pandang.

Terlihat bahwa calon anggota TNI harus memiliki penglihatan jarak jauh minimal 6/12 pada kedua mata tanpa kacamata atau lensa kontak. Apakah mata minus masih memenuhi standar tersebut?

Apakah Mata Minus Bisa Masuk TNI?

Jawabannya tergantung pada seberapa parah kondisi mata minus yang Anda miliki. Jika kondisi mata minus masih ringan dan masih memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan TNI, maka Anda masih memiliki peluang untuk bisa masuk TNI. Namun, jika kondisi mata minus sudah cukup parah dan tidak memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan, maka peluang Anda untuk bisa masuk TNI menjadi sangat kecil.

Jika Anda ingin masuk TNI namun memiliki kondisi mata minus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, antara lain:

  • Menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu memperbaiki penglihatan.
  • Melakukan operasi mata untuk memperbaiki bentuk bola mata atau kornea mata2.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan kacamata atau lensa kontak tidak akan mengubah hasil tes penglihatan saat mendaftar menjadi anggota TNI. Anda tetap harus melepas alat bantu penglihatan tersebut saat menjalani tes. Sedangkan operasi mata juga memiliki risiko dan efek samping yang perlu dipertimbangkan sebelum dilakukan.

Kesimpulan

Menjadi anggota TNI membutuhkan kesehatan fisik dan mental yang prima, termasuk kesehatan mata. Mata minus merupakan salah satu kondisi mata yang bisa mengurangi peluang seseorang untuk masuk TNI. Namun, jika kondisi mata minus masih ringan dan memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan, maka masih ada harapan untuk bisa menjadi anggota TNI. Jika tidak, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata minus, namun juga memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Sumber:
(1) Apakah Masuk TNI Mata Boleh Minus? Simak Syarat Fisik Masuk … – Okezone. https://nasional.okezone.com/read/2022/11/28/337/2716295/apakah-masuk-tni-mata-boleh-minus-simak-syarat-fisik-masuk-tni-yang-wajib-diperhatikan.
(2) Apakah Mata Minus Bisa Masuk TNI? – Caramantap.com. https://www.caramantap.com/2023/07/apakah-mata-minus-bisa-masuk-tni.html.
(3) Tes Jadi Tentara, Jaga Kesehatan Mata Jangan Sampai Minus – Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/tes-jadi-tentara-jaga-kesehatan-mata-jangan-sampai-minus.
(4) 5 Profesi yang Tidak Boleh Berkacamata, Lasik Solusinya. https://nationaleyecenter.id/profesi-tidak-boleh-berkacamata/.

Baca Juga: