Menu Tutup

Menara Siger Lampung: Simbol Budaya dan Kebanggaa

Menara Siger Lampung adalah sebuah menara yang terletak di Bukit Gamping, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Menara ini dibangun pada tahun 2005 dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. Menara ini memiliki tinggi 32 meter dan luas 50 x 11 meter, dengan enam lantai yang berisi informasi tentang wisata, budaya, sejarah, dan potensi Lampung.

Menara Siger Lampung tidak hanya menjadi tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah dari atas bukit, tetapi juga menjadi simbol budaya dan kebanggaan masyarakat Lampung. Nama dan bentuk menara ini mengacu pada mahkota pengantin wanita Lampung yang disebut siger. Warna kuning dan merah yang dominan pada menara ini juga melambangkan kejayaan dan keberanian masyarakat Lampung.

Menara Siger Lampung juga menjadi titik nol Sumatra, yaitu tempat dimulainya pengukuran jarak antara kota-kota di pulau Sumatra. Menara ini juga menjadi ikon keagamaan, seni, dan pendidikan, karena sering diadakan festival budaya, kesenian, dan seminar di sini. Menara ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan mempromosikan Lampung sebagai destinasi wisata yang menarik.

Kredit gambar: Travelspromo.com

Fasilitas dan Tiket Masuk Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung menyediakan fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya. Di sini terdapat area parkir yang luas, kantin, tempat pembelian souvenir, gazebo, toilet, dan teropong jarak jauh. Pengunjung juga dapat menikmati panorama alam dari atas menara atau berfoto-foto dengan latar belakang menara.

Untuk masuk ke Menara Siger Lampung, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per mobil. Jam buka menara ini adalah dari pukul 08.00 hingga 18.00 setiap hari, kecuali hari Jumat libur. Namun, jam buka ini dapat berubah sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait pencegahan penularan covid-19.

Rute Menuju Menara Siger Lampung

Menara Siger Lampung mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua atau roda empat dari berbagai arah. Jika dari pusat Kabupaten Lampung Selatan, jaraknya sekitar 29 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Jika dari Pelabuhan Merak di Banten, jaraknya sekitar 90 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam jika kondisi lalu lintas normal.

Menara Siger Lampung berada di sebelah barat Pelabuhan Bakauheni, yang merupakan pintu gerbang masuk ke pulau Sumatra dari pulau Jawa melalui jalur laut. Pengunjung dapat mengikuti Jalan Raya Trans Sumatra hingga menemukan papan petunjuk arah menuju Menara Siger Lampung.

Baca Juga: