Menu Tutup

Mengapa Guru Harus Memiliki Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran?

Guru adalah salah satu profesi yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran siswa. Guru tidak hanya bertugas untuk menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga untuk membimbing, mengarahkan, dan memotivasi siswa agar dapat belajar dengan baik. Oleh karena itu, guru harus memiliki keterampilan dasar mengajar yang baik dan profesional.

Salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh guru adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran. Keterampilan ini merupakan kemampuan guru untuk menciptakan suasana yang kondusif dan menarik sejak awal hingga akhir pelajaran. Keterampilan ini sangat penting karena dapat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran secara efektif, efisien, dan menyenangkan.

Keterampilan Membuka Pelajaran

Keterampilan membuka pelajaran adalah kemampuan guru untuk menarik perhatian, menimbulkan motivasi, mengemukakan tujuan, dan memberikan gambaran umum tentang materi pelajaran yang akan dipelajari oleh siswa. Keterampilan ini bertujuan untuk membuat siswa siap secara mental dan terpusat pada hal-hal yang hendak dipelajari.

Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk membuka pelajaran dengan baik adalah:

– Menggunakan media, alat peraga, atau alat bantu mengajar lainnya yang relevan dengan materi pelajaran.
– Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menantang atau mengundang rasa ingin tahu siswa.
– Memberikan contoh-contoh nyata atau kisah-kisah inspiratif yang berkaitan dengan materi pelajaran.
– Menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman atau kehidupan sehari-hari siswa.
– Memberikan pujian atau apresiasi kepada siswa yang telah menunjukkan prestasi atau kemajuan dalam belajar.

Keterampilan Menutup Pelajaran

Keterampilan menutup pelajaran adalah kemampuan guru untuk mereview, memberikan umpan balik, memberikan kesimpulan, dan memberikan tugas atau saran kepada siswa terkait dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Keterampilan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman, mengukur pencapaian, dan meningkatkan minat belajar siswa.

Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk menutup pelajaran dengan baik adalah:

– Menggunakan metode review yang bervariasi, seperti diskusi kelompok, kuis, permainan, atau presentasi.
– Memberikan umpan balik yang konstruktif, jujur, dan positif kepada siswa tentang kinerja atau hasil belajar mereka.
– Memberikan kesimpulan yang ringkas, jelas, dan padat tentang poin-poin penting dari materi pelajaran.
– Memberikan tugas atau saran yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa untuk melanjutkan atau mengulang materi pelajaran di rumah.
– Memberikan ucapan terima kasih atau penghargaan kepada siswa atas partisipasi atau kerjasama mereka dalam pembelajaran.

Sumber:
(1) Seberapa Pentingkah Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran bagi …. https://www.kompasiana.com/feditatacistamaya/5aaa72fbdd0fa8291d2c7952/seberapa-pentingkah-guru-mempunyai-keterampilan-membuka-dan-menutup-pelajaran.
(2) Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran – EduChannel. https://educhannel.id/blog/artikel/keterampilan-dasar-mengajar-membuka-dan-menutup-pelajaran.html.
(3) Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran Perlu Dimiliki Guru – Kejarpena. https://blog.kejarcita.id/meski-sepele-keterampilan-membuka-dan-menutup-pelajaran-perlu-dimiliki-guru-begini-caranya/.
(4) KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN – Academia.edu. https://www.academia.edu/28548244/KETERAMPILAN_MEMBUKA_DAN_MENUTUP_PELAJARAN.
(5) Tujuan Membuka dan Menutup Pelajaran dengan Baik – Aku Pintar. https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/keterampilan-membuka-dan-menutup-pelajaran.

Baca Juga: