Menu Tutup

Mengatasi komputer / laptop tidak bisa di-shutdown

Jika komputer tidak bisa dishutdown

Jika komputer tidak bisa dishutdown, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  1. Cek apakah ada aplikasi atau program yang sedang berjalan. Jika ada aplikasi atau program yang sedang berjalan, tutup aplikasi atau program tersebut sebelum mencoba menyalakan kembali komputer.
  2. Matikan komputer dengan menekan tombol power pada komputer. Jika komputer masih tidak bisa dimatikan dengan cara ini, coba tekan tombol power selama beberapa detik hingga komputer benar-benar mati.
  3. Coba gunakan tombol reset. Tombol reset biasanya terletak di bagian belakang komputer, atau di bagian samping komputer. Tekan tombol reset selama beberapa detik hingga komputer benar-benar mati.
  4. Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, coba cabut baterai komputer (jika komputer menggunakan baterai) atau cabut kabel listrik komputer (jika komputer menggunakan kabel listrik). Tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali baterai atau kabel listrik, lalu nyalakan kembali komputer.
  5. Jika masih tidak bisa dishutdown, coba bawa komputer ke tukang service atau ke tukang IT untuk diperiksa dan diperbaiki.

Cara mematikan paksa komputer

Cara mematikan paksa komputer adalah dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga komputer benar-benar mati. Jika tombol power tidak berfungsi, Anda juga bisa mencoba cara-cara di bawah ini:

  1. Tekan tombol reset. Tombol reset biasanya terletak di bagian belakang komputer, atau di bagian samping komputer. Tekan tombol reset selama beberapa detik hingga komputer benar-benar mati.
  2. Cabut baterai komputer (jika komputer menggunakan baterai) atau cabut kabel listrik komputer (jika komputer menggunakan kabel listrik). Tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali baterai atau kabel listrik, lalu nyalakan kembali komputer.
  3. Jika masih tidak bisa mematikan komputer dengan cara-cara di atas, coba bawa komputer ke tukang service atau ke tukang IT untuk diperiksa dan diperbaiki.

Baca Juga: