Menu Tutup

Mengatasi Masalah Smartphone Android yang Tidak Bisa Masuk ke Mode Pesawat

Smartphone Android adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika perangkat mereka tidak bisa masuk ke mode pesawat. Mode pesawat adalah mode yang mematikan semua sinyal pada smartphone, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan seluler, dan sangat penting dalam beberapa situasi, seperti ketika kita bepergian dengan pesawat terbang. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara untuk mengatasi masalah smartphone Android yang tidak bisa masuk ke mode pesawat.

Langkah 1: Periksa Pengaturan Mode Pesawat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa pengaturan mode pesawat pada smartphone Anda. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Settings” pada smartphone Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Wireless & networks” atau “Connections”.
  3. Di bawah opsi ini, Anda akan melihat opsi “Airplane mode” atau “Flight mode”. Pastikan opsi ini tidak aktif atau dicentang.

Jika opsi “Airplane mode” atau “Flight mode” sudah aktif atau dicentang, matikan mode pesawat dan coba lagi untuk masuk ke mode pesawat. Jika masih ada masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Perbarui Perangkat Lunak

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan adalah memperbarui perangkat lunak pada smartphone Android Anda. Terkadang, masalah dengan mode pesawat dapat terjadi karena adanya bug atau masalah pada perangkat lunak yang sudah ada. Untuk memperbarui perangkat lunak pada smartphone Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Settings” pada smartphone Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Software update” atau “System update”.
  3. Klik opsi ini untuk memeriksa apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk smartphone Anda.

Jika ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia, unduh dan instal pembaruan tersebut. Setelah selesai, coba lagi untuk masuk ke mode pesawat. Jika masih ada masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah ketiga yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa aplikasi pihak ketiga pada smartphone Android Anda. Terkadang, aplikasi pihak ketiga dapat menyebabkan masalah dengan mode pesawat. Untuk memeriksa aplikasi pihak ketiga pada smartphone Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Settings” pada smartphone Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Apps” atau “Application manager”.
  3. Di bawah opsi ini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang diinstal pada smartphone Anda.
  4. Cari aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah dengan mode pesawat, seperti aplikasi panggilan atau aplikasi pesan teks.
  5. Klik pada aplikasi tersebut dan klik opsi “Force stop” atau “Uninstall”.

Setelah menghentikan aplikasi atau

menghapusnya, coba lagi untuk masuk ke mode pesawat. Jika masih ada masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Restart Smartphone

Langkah keempat yang dapat Anda lakukan adalah merestart smartphone Android Anda. Terkadang, masalah dengan mode pesawat dapat terjadi karena adanya gangguan pada perangkat lunak atau perangkat keras. Untuk merestart smartphone Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol power pada smartphone Anda.
  2. Pilih opsi “Restart” atau “Reboot” ketika muncul.

Setelah smartphone Anda restart, coba lagi untuk masuk ke mode pesawat. Jika masih ada masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 5: Reset Pengaturan Jaringan

Langkah kelima yang dapat Anda lakukan adalah mereset pengaturan jaringan pada smartphone Android Anda. Terkadang, masalah dengan mode pesawat dapat terjadi karena adanya masalah dengan pengaturan jaringan pada smartphone Anda. Untuk mereset pengaturan jaringan pada smartphone Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Settings” pada smartphone Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan cari opsi “System” atau “General management”.
  3. Klik opsi “Reset” atau “Reset options”.
  4. Pilih opsi “Reset network settings” atau “Reset Wi-Fi, mobile & Bluetooth”.

Setelah mereset pengaturan jaringan, coba lagi untuk masuk ke mode pesawat. Jika masih ada masalah, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi produsen smartphone atau membawa perangkat Anda ke pusat layanan teknis.

Kesimpulan

Mode pesawat adalah fitur yang sangat penting pada smartphone Android. Jika Anda mengalami masalah ketika mencoba masuk ke mode pesawat, Anda dapat mencoba langkah-langkah yang dijelaskan di atas. Jika semua langkah tersebut gagal, Anda harus menghubungi produsen smartphone atau membawa perangkat Anda ke pusat layanan teknis. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana ini, Anda dapat mengatasi masalah dengan mode pesawat pada smartphone Android Anda.

Baca Juga: