Menu Tutup

Mengatasi stress mengerjakan tugas akhir

Penyebab stress tugas akhir

Tugas akhir merupakan salah satu bagian penting dari kuliah yang bisa menimbulkan stress bagi sebagian mahasiswa. Berikut adalah beberapa penyebab stress saat mengerjakan tugas akhir:

Terlalu banyak tugas lain yang harus diselesaikan.

Banyak mahasiswa yang merasa terbebani dengan tugas akhir karena harus menyelesaikan banyak tugas lain, seperti mengikuti kelas, mengerjakan tugas kuliah lain, atau bekerja paruh waktu.

Tidak memahami materi yang dibahas.

Beberapa mahasiswa mungkin merasa stress saat mengerjakan tugas akhir karena merasa tidak memahami materi yang dibahas. Ini dapat terjadi jika mahasiswa kurang memperhatikan materi yang diajarkan di kelas atau tidak memiliki cukup waktu untuk belajar secara mandiri.

Kurangnya dukungan dari dosen pembimbing.

Mahasiswa mungkin merasa stress saat mengerjakan tugas akhir jika merasa tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari dosen pembimbing. Ini bisa terjadi jika dosen pembimbing tidak memberikan umpan balik yang cukup atau tidak memberikan bantuan yang diperlukan.

Tekanan dari orang lain.

Beberapa mahasiswa mungkin merasa stress saat mengerjakan tugas akhir karena merasa tertekan oleh harapan orang lain, seperti orang tua, teman, atau dosen.

Kurangnya kepercayaan diri.

Beberapa mahasiswa mungkin merasa stress saat mengerjakan tugas akhir karena merasa tidak yakin akan kemampuan mereka sendiri. Ini bisa terjadi jika mahasiswa merasa tidak memiliki pengetahuan yang cukup atau tidak percaya diri dalam presentasi.

Solusinya?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress saat mengerjakan tugas akhir:

Buat rencana dan tentukan prioritas.

Sebelum mulai mengerjakan tugas akhir, buat rencana yang mencakup jadwal kerja, tujuan yang ingin dicapai, dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Ini akan membantu Anda mengelola waktu dan fokus pada tugas yang harus diselesaikan.

Cari tempat yang nyaman dan tenang.

Pilihlah tempat yang tidak terlalu ramai atau terganggu oleh suara atau kegiatan lain, agar Anda dapat fokus pada tugas yang harus diselesaikan.

Bagi tugas ke dalam beberapa bagian kecil.

Tugas akhir yang besar terkadang dapat terasa terlalu menakutkan. Bagi tugas tersebut ke dalam beberapa bagian kecil, sehingga Anda dapat menyelesaikannya satu per satu dengan lebih mudah.

Beristirahat yang cukup.

Jangan terlalu membebani diri sendiri dengan terus menerus bekerja tanpa istirahat yang cukup. Beristirahat yang cukup akan membantu Anda kembali dengan fokus yang lebih tinggi dan mengurangi stress.

Minta bantuan jika diperlukan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari dosen pembimbing, teman, atau keluarga jika Anda merasa terlalu terbebani dengan tugas akhir. Mereka mungkin dapat memberikan saran atau bantuan yang berguna bagi Anda.

Baca Juga: