Nama-Nama Bulan Hijriah dan Artinya

Bulan Hijriah adalah sistem kalender yang diciptakan berdasarkan perjalanan matahari dan bulan selama satu tahun. Sistem ini digunakan dalam banyak negara di Afrika, Asia, dan Timur Tengah, termasuk di Indonesia. Kalender Hijriah berhubungan erat dengan kalender Islam, dan biasanya digunakan untuk menentukan tanggal hari-hari penting seperti Idul Fitri. Berikut adalah nama-nama bulan Hijriah dan artinya.

1. Muharram – Bulan Haram

Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Ini adalah bulan yang dianggap suci, dan dianggap sebagai bulan yang tidak boleh berperang. Nama ini diberikan kepada bulan karena terdapat banyak peristiwa yang berhubungan dengan keagamaan yang terjadi pada bulan ini.

2. Safar – Bulan Kosong

Safar adalah bulan kedua dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “kosong”. Ini karena bulan ini dianggap sebagai bulan yang kosong, karena tidak ada peristiwa penting yang terjadi di bulan ini.

3. Rabi’ul Awal – Bulan Pertumbuhan

Rabi’ul Awal adalah bulan ketiga dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pertumbuhan”. Bulan ini merupakan bulan penting bagi umat Muslim karena di bulan ini Nabi Muhammad SAW dilahirkan.

4. Rabi’ul Akhir – Bulan Penyempurnaan

Rabi’ul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “penyempurnaan”. Bulan ini merupakan bulan penting bagi umat Muslim karena di bulan ini Nabi Muhammad SAW dimuliakan.

5. Jumadil Awal – Bulan Pembentukan

Jumadil Awal adalah bulan kelima dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pembentukan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan yang penting karena peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan ini.

6. Jumadil Akhir – Bulan Penyelesaian

Jumadil Akhir adalah bulan keenam dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “penyelesaian”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini banyak peristiwa penting yang terjadi.

7. Rajab – Bulan Penghormatan

Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “penghormatan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting bagi umat Muslim karena di bulan ini Nabi Muhammad SAW dimuliakan.

8. Sya’ban – Bulan Berpindah

Sya’ban adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “berpindah”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini banyak peristiwa penting yang terjadi.

9. Ramadan – Bulan Pemuridan

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pemuridan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini umat Islam diharuskan berpuasa.

10. Syawal – Bulan Kesyukuran

Syawal adalah bulan kesepuluh dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “kesyukuran”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini terjadi Idul Fitri.

11. Dzulqa’dah – Bulan Keharaman

Dzulqa’dah adalah bulan kesebelas dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “keharaman”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini terjadi Idul Adha.

12. Dzulhijjah – Bulan Pembelaan

Dzulhijjah adalah bulan kedua belas dalam kalender Hijriah. Nama ini berasal dari kata Arab yang artinya “pembelaan”. Bulan ini dianggap sebagai bulan penting karena di bulan ini terjadi Idul Adha.a