Menu Tutup

Nilai Guna Barang dan Macam-Macamnya

Pengertian Nilai Guna Barang

Nilai guna barang adalah nilai atau manfaat yang diperoleh seseorang dari menggunakan suatu barang atau jasa1. Nilai atau manfaat yang dirasakan ini bisa saja terlihat bentuknya, bisa pula tidak terlihat. Dalam kegiatan ekonomi, produsen akan menambah nilai guna barang pada bahan saat proses produksi. Sedangkan konsumen akan menghabiskan nilai guna barang dengan konsumsi.

Macam-Macam Nilai Guna Barang

Ada enam macam nilai guna barang. Apa saja perbedaannya? Mari kita bahas sama-sama.

  • Nilai Guna Tempat (Place Utility)

    Barang-barang tertentu memberikan manfaat yang lebih besar jika berada di tempat yang tepat. Contohnya, jaket tebal lebih berguna untuk orang-orang yang tinggal di pegunungan atau wilayah bersalju. Contoh lainnya adalah pasir akan meningkat nilai gunanya ketika berada di toko bangunan daripada ketika masih belum diolah dan berada di alam1.

  • Nilai Guna Bentuk (Form Utility)

    Nilai guna bentuk adalah manfaat yang bertambah dari suatu barang setelah berubah bentuknya. Contohnya, balok kayu atau kayu gelondongan yang sudah diolah menjadi meja dan kursi memiliki nilai guna yang lebih tinggi. Contoh lainnya adalah gulungan kain yang diolah menjadi pakaian dan tanah liat yang diolah menjadi batu bata1.

  • Nilai Guna Waktu (Time Utility)

    Nilai guna waktu adalah perubahan manfaat barang pada waktu-waktu tertentu. Contohnya saat musim hujan nilai guna jas hujan akan menjadi lebih tinggi dibandingkan musim panas. Begitu pula nilai guna tempat wisata akan menjadi lebih tinggi pada masa libur sekolah dibanding hari biasa1.

  • Nilai Guna Pelayanan (Service Utility)

    Ada benda-benda yang hanya akan berguna jika dibarengi dengan jasa pelayanan. Contohnya adalah televisi dan radio. Televisi dan radio hanya akan berguna jika ada orang-orang yang melakukan kegiatan penyiaran. Contoh lainnya, adalah becak yang akan berguna jika ada jasa tukang becak1.

  • Nilai Guna Kepemilikan (Ownership Utility)

    Nilai guna kepemilikan adalah manfaat yang diperoleh seseorang ketika memiliki hak atas suatu barang atau jasa. Contohnya, sepeda motor yang dibeli dengan kredit memiliki nilai guna yang lebih rendah daripada sepeda motor yang dibeli secara tunai. Hal ini karena sepeda motor kredit masih memiliki risiko dicabut oleh pihak kreditur jika tidak membayar angsuran2.

  • Nilai Guna Dasar (Element Utility)

    Nilai guna dasar adalah manfaat yang melekat pada bahan mentah dari suatu barang. Contohnya, beras memiliki nilai guna dasar sebagai makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Contoh lainnya, minyak bumi memiliki nilai guna dasar sebagai sumber energi dan bahan bakar1.

Sumber:
(1) Nilai Guna Barang: Pengertian, Jenis, dan Contohnya – Zenius Education. https://www.zenius.net/blog/materi-tentang-nilai-guna-barang.
(2) Nilai dan Manfaat Barang dalam Ekonomi – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/12/130419269/nilai-dan-manfaat-barang-dalam-ekonomi.
(3) Nilai guna suatu barang ada beberapa macam,jelaskan – Brainly. https://brainly.co.id/tugas/37509915.

Baca Juga: