Pajak Bumi dan Bangunan

Pajak Bumi dan Bangunan adalah suatu jenis pajak yang dikenakan atas bumi (Tanah) dan bangunan baik atas hak milik, hak guna bangunan, hak pakai, dan hak-hak atas rumah susun. Oleh karena itu, kalangan pelaku bisnis pajak bumi dan bangunan ini sangat perlu mengetahui dan memantau ketentuan-ketentuan yang mengaturnya agar meraka dapat mengantisipasi terus kegiatan bisnisnya sehari-hari.

Beberapa yang diatur dalam UU PBB adalah sbb;

  1. Bumi adalah permukaan bumi dan tubuh bumi yang ada dibawahnya meliputi tanah dan perairan pedalaman serta luar laut di wilayah indonesia.
  2. Bangunan adalah konstruksi teknik yang ditanamkan atau diletakkan tetap pada tanah dan atau perairan.
  3. Nilai jual objek pajak adalah harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli yang terjadi secara wajar dan bila tidak terdapat transaksi jual beli ini nilai jual objek pajak ditentukan melalui perbandingan harga dengan objek lain yang sejenis atau nilai perolehan baru atau nilai jual objek pajak pengganti.

Objek yang dikenakan dan yang tidak dikenakan pajak dan bumi dan bangunan adalah sama dengan objek pajak yang dikenakan dan dengan yang tidak dikenakan pajak hak atas bumi dan bangunan. Pajak bumi dan bangunan tergolong pajak objektif yang bersifat kebendaan.

Yang emnjadi subjek pajak adalah orang atau badan yang secara nyata mempunyai suatu hak atas bumi, dan atau memperoleh manfaat atas bumi, da atau memiliki, menguasai, dan atau memperoleh manfaat atas bangaunan. Dengan demikian tanda pembayaran atau pelunasan pajak bukan merupakan bukti pemilik hak.

Dasar pengenaan pajak bumi dan bangunan adalah nilai jual objek pajak tersebut, yang keudian dikurangi dengan nilai jual objek pajak tidak kena pajak. Besar nilai objek pajak tergantung dari kelas bumi dan bangunannya.

DAFTAR PUSTAKA

  • Asyhadie, Zaeni. 2014. Hukum Bisnis. Jakarta : Rajawali pers
  • Mardiasmo. 2011. Perpajakan. Jakarta : Andi
  • Purwono, Herry. 2010. Dasar-Dasar Perpajakan dan Akuntansi pajak. Jakarta : Erlangga
  • Soemitro, Rochmat. 1992. Pengantar Singakat Hukum Pajak.  Bandung : PT Eresco