Menu Tutup

Pantai Dewi Mandapa: Surga Tersembunyi di Lampung

Pantai Dewi Mandapa adalah salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Lampung, tepatnya di Kabupaten Pesawaran. Pantai ini memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri yang membuat banyak pengunjung terpesona. Nama Pantai Dewi Mandapa berasal dari nama pemilik kawasan wisata ini, yaitu Dewi Mandapa.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa terletak di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Sari Ringgung, salah satu pantai populer di Lampung.

Untuk menuju ke Pantai Dewi Mandapa, jika berangkat dari Kota Bandar Lampung, kamu memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Kamu bisa mengarahkan kendaraanmu menuju Jalan Pramuka ke arah Teuku Cik Ditiro. Lalu kamu akan melewati Jalan Raden Imba Kusuma Ratu hingga tiba di Padang Cermin.

Kondisi jalan menuju ke arah Pantai Dewi Mandapa masih berupa tanah dan batu, serta disamping kiri dan kanan jalannya ditumbuhi pepohonan yang cukup rindang. Meski begitu jalurnya dapat dilalui mobil atau motor, namun hanya cukup untuk satu jalur mobil saja.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Pantai Dewi Mandapa

Pantai Dewi Mandapa dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Kamu bisa datang kapan saja sesuai dengan jadwal liburanmu.

Untuk harga tiket masuk Pantai Dewi Mandapa, kamu cukup membayar sebesar Rp 10.000 pada weekdays untuk pengendara sepeda motor. Pengendara mobil dikenakan tarif sebesar Rp 30.000. Biaya tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir.

Fasilitas dan Daya Tarik Pantai Dewi Mandapa

Fasilitas yang ada di Pantai Dewi Mandapa sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Di sini tersedia area untuk menyimpan kendaraan, kamar mandi, warung makanan dan minuman, gazebo, dan spot foto.

Daya tarik utama dari Pantai Dewi Mandapa adalah keindahan alamnya yang sangat mempesona. Di sini kamu bisa melihat hamparan pasir putih, birunya laut, kawasan hutan bakau, dan gunung yang berdiri dengan gagahnya.

Salah satu spot foto favorit di Pantai Dewi Mandapa adalah jembatan atau dermaga yang ditumbuhi pohon bakau. Jembatan ini sering digunakan untuk foto pre wedding karena suasana romantisnya.

Selain itu, ada juga Pulau Cinta yang merupakan pasir putih timbul yang sangat lembut. Pulau ini hanya muncul saat air laut surut dan bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik perahu.

Pantai Dewi Mandapa juga merupakan rumah bagi pohon mangrove atau pohon bakau, sehingga tercipta hutan bakau atau hutan mangrove yang sangat asri. Kamu bisa menikmati pemandangan hutan bakau sambil bersantai di gazebo atau ayunan yang tersedia di sekitar pantai.

Pantai Dewi Mandapa adalah tempat yang cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri sambil menikmati panorama indah yang tersaji di depan mata. Kamu juga bisa bermain air, berenang, atau berjemur di pantai yang bersih dan sejuk.

Tips Berwisata ke Pantai Dewi Mandapa

Sebelum kamu berangkat ke Pantai Dewi Mandapa, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar liburanmu lebih menyenangkan dan aman. Berikut adalah tipsnya:

  • Pastikan kondisi kendaraanmu prima sebelum berangkat, karena jalannya cukup menantang dan jauh dari pemukiman.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya, karena warung di sekitar pantai tidak banyak dan harganya cukup mahal.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan mandi dan pakaian ganti, karena kamar mandinya tidak terlalu bersih dan nyaman.
  • Jaga kebersihan dan kelestarian pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak pohon bakau.
  • Patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan saat berada di tempat umum.

Baca Juga: