Menu Tutup

Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi: Pengertian, Perbedaan dan Faktor-Faktor

Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah dua konsep yang sering digunakan dalam ilmu ekonomi untuk mengukur kinerja perekonomian suatu negara. Keduanya saling berhubungan dan memengaruhi satu sama lain, tetapi memiliki perbedaan yang mendasar. Artikel ini akan membahas pengertian, perbedaan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang dapat meningkatkan pendapatan per kapita penduduk dalam jangka waktu panjang. Pembangunan ekonomi ditandai dengan perubahan yang mengarah ke hal yang lebih baik dalam bidang teknologi, pola pikir masyarakat, dan kelembagaan. Pada intinya, pembangunan ekonomi menitikberatkan pembangunan atau perubahan pada sektor ekonomi1.

Pembangunan ekonomi tidak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi; pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi. Yang dimaksud dengan pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan produk nasional bruto (PNB, GNP) riil di negara tersebut2.

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan utama antara pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi terletak pada cakupan perubahannya. Pembangunan ekonomi, perubahannya ada dalam bentuk membangun sektor perekonomian menjadi lebih baik. Sedangkan pertumbuhan ekonomi, perubahannya terletak pada pengembangan sektor ekonomi ke arah lebih baik.

Selain perbedaan tersebut, pembangunan dan perubahan ekonomi masih memiliki sejumlah perbedaan lainnya, yaitu:

  • PDB (Produk Domestik Bruto): Pembangunan ekonomi dikatakan ada peningkatan jika PDB nilainya jauh lebih besar dibanding kenaikan jumlah penduduk. Pertumbuhan ekonomi menekankan pada PDB, tetapi tidak membandingkannya dengan indikator jumlah pertumbuhan penduduk.
  • Perubahannya: Pembangunan ekonomi memperhatikan perbaikan struktur, kelembagaan, dan kondisi ekonomi. Pertumbuhan ekonomi hanya berfokus pada peningkatan ekonomi saja.
  • Pemerataan dan peningkatan kesejahteraan rakyat: Pembangunan ekonomi memperhatikan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Pertumbuhan ekonomi tidak memperhatikan pemerataan dan peningkatan kesejahteraan.
  • Sifat perubahannya: Pembangunan ekonomi sifat perubahannya kualitatif, yaitu terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik. Pertumbuhan ekonomi sifat perubahannya kuantitatif, yaitu adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan2.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonom

Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonom dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Beberapa faktor yang umumnya dianggap penting adalah:

  • Faktor Sumber Daya Alam: Sumber daya alam yang melimpah dan berkualitas dapat mendukung pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonom dengan menyediakan bahan baku, energi, dan lingkungan yang kondusif. Namun, sumber daya alam juga harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan lingkungan dan ketergantungan ekonomi2.
  • Faktor Modal: Modal adalah faktor produksi yang berupa barang-barang yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa lainnya, seperti mesin, peralatan, gedung, dan infrastruktur. Modal dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses produksi, sehingga mendorong pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonom. Modal dapat berasal dari tabungan domestik, investasi asing, atau pinjaman luar negeri2.
  • Faktor Tenaga Kerja: Tenaga kerja adalah faktor produksi yang berupa jumlah dan kualitas penduduk yang bekerja atau siap bekerja. Tenaga kerja yang banyak dan berkualitas dapat meningkatkan kapasitas produksi dan inovasi dalam perekonomian, sehingga mendorong pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonom. Tenaga kerja dapat ditingkatkan melalui pendidikan, pelatihan, kesehatan, dan migrasi2.
  • Faktor Teknologi: Teknologi adalah faktor produksi yang berupa pengetahuan, keterampilan, metode, dan alat-alat yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa. Teknologi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses produksi, sehingga mendorong pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonom. Teknologi dapat diperoleh melalui penelitian dan pengembangan, transfer teknologi, atau difusi teknologi2.
  • Faktor Kelembagaan: Kelembagaan adalah faktor produksi yang berupa sistem hukum, politik, sosial, budaya, dan ekonomi yang mengatur hubungan antara pelaku-pelaku ekonomi. Kelembagaan yang baik dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif, menjamin hak-hak kepemilikan, menegakkan hukum, mencegah korupsi, mengurangi birokrasi, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonom2.

Sumber:
(1) Perbedaan Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/01/133753369/perbedaan-pembangunan-dan-pertumbuhan-ekonomi.
(2) Memahami Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi. https://www.gramedia.com/literasi/perbedaan-

Baca Juga: