Menu Tutup

Pendapatan Nasional: Pengertian, Manfaat, Konsep, dan Metode Perhitungan

Pendapatan nasional adalah nilai total output akhir suatu negara dari semua barang dan jasa baru yang diproduksi dalam satu tahun1. Pencatatan pendapatan nasional merupakan sistem pembukuan yang digunakan pemerintah untuk mengukur tingkat kegiatan ekonomi negara dalam periode waktu tertentu12. Pendapatan nasional juga dapat diartikan sebagai jumlah pendapatan yang diterima oleh masyarakat suatu negara dalam kurun waktu tertentu yang biasanya satu tahun1.

Manfaat Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Untuk mengukur laju pertumbuhan ekonomi nasional1
  • Untuk membandingkan kemajuan perekonomian antar negara1
  • Untuk mengetahui struktur perekonomian suatu negara1
  • Untuk menjadi landasan perumusan kebijakan pemerintah1
  • Untuk mengetahui dan menelaah struktur perekonomian nasional1
  • Untuk menentukan besarnya kontribusi berbagai sektor perekonomian terhadap pendapatan nasional1
  • Untuk mendapat informasi soal tingkat kemakmuran masyarakat1
  • Untuk membantu pemerintah untuk melakukan evaluasi dan mengukur perubahan yang terjadi1

Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Konsumsi dan tabungan: konsumsi adalah pengeluaran masyarakat untuk membeli barang dan jasa, sedangkan tabungan adalah bagian dari pendapatan yang tidak dikonsumsi. Konsumsi dan tabungan berpengaruh terhadap permintaan agregat dan investasi1.
  • Investasi: investasi adalah pengeluaran untuk menambah atau mengganti modal. Investasi berpengaruh terhadap penawaran agregat dan pertumbuhan ekonomi1.
  • Permintaan dan penawaran agregat: permintaan agregat adalah jumlah total permintaan barang dan jasa dalam suatu perekonomian, sedangkan penawaran agregat adalah jumlah total penawaran barang dan jasa dalam suatu perekonomian. Permintaan dan penawaran agregat berpengaruh terhadap tingkat harga dan output1.

Konsep Pendapatan Nasional

Ada beberapa konsep pendapatan nasional yang sering digunakan, antara lain:

KonsepRumusKeterangan
Produk Domestik Bruto (GDP)GDP = C + I + G + (X – M)GDP adalah nilai total output akhir yang dihasilkan oleh faktor-faktor produksi dalam negeri selama satu tahun12. C adalah konsumsi, I adalah investasi, G adalah pengeluaran pemerintah, X adalah ekspor, dan M adalah impor.
Produk Nasional Bruto (GNP)GNP = GDP + ZGNP adalah nilai total output akhir yang dihasilkan oleh faktor-faktor produksi milik negara selama satu tahun12. Z adalah pendapatan bersih dari luar negeri.
Pendapatan Nasional Neto (NNI)NNI = GNP – depresiasiNNI adalah pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik faktor produksi1. Depresiasi adalah penurunan nilai modal akibat pemakaian atau usia.
Pendapatan Perseorangan (PI)PI = NNI – pajak perusahaan – iuran sosial + transfer paymentPI adalah pendapatan yang diterima oleh perseorangan atau rumah tangga dari berbagai sumber selama satu tahun1. Pajak perusahaan adalah pajak yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemerintah. Iuran sosial adalah iuran yang dibayarkan oleh perusahaan atau pekerja untuk program sosial seperti pensiun atau asuransi. Transfer payment adalah penerimaan yang tidak merupakan imbalan atas jasa yang diberikan, seperti bantuan sosial atau subsidi.
Pendapatan Siap Dibelanjakan (DI)DI = PI – pajak perseoranganDI adalah pendapatan yang tersedia bagi perseorangan atau rumah tangga untuk dikonsumsi atau ditabung selama satu tahun1. Pajak perseorangan adalah pajak yang dibayarkan oleh perseorangan atau rumah tangga kepada pemerintah.

Metode Perhitungan Pendapatan Nasional

Ada tiga metode perhitungan pendapatan nasional yang sering digunakan, antara lain:

  • Pendekatan pendapatan: metode ini menghitung pendapatan nasional berdasarkan jumlah balas jasa yang diterima oleh faktor-faktor produksi, seperti upah, sewa, bunga, dan laba12.
  • Pendekatan produksi: metode ini menghitung pendapatan nasional berdasarkan nilai tambah yang dihasilkan oleh setiap sektor produksi, seperti pertanian, industri, dan jasa12.
  • Pendekatan pengeluaran: metode ini menghitung pendapatan nasional berdasarkan jumlah pengeluaran untuk membeli barang dan jasa akhir, seperti konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, dan ekspor bersih12.

Sumber:
(1) Pendapatan Nasional: Pengertian, Manfaat, dan Faktor Yang Mempengaruhinya. https://www.gramedia.com/literasi/pendapatan-nasional/.
(2) Pendapatan Nasional Indonesia 2016-2020 – Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/publication/2021/06/08/bcb06430a707226bff9f8d99/pendapatan-nasional-indonesia-2016-2020.html.
(3) Pendapatan Nasional – Pengertian, Jenis dan Contohnya | Tokopedia Kamus. https://kamus.tokopedia.com/p/pendapatan-nasional/.

Baca Juga: