Menu Tutup

Pengertian Administrasi Kurikulum, Ruang Lingkup, dan Pedoman Pelaksanaan Kurikulum

Pengertian administrasi kurikulum

Dilihat dari sisi sejarah, istilah kurikulum (curriculum) ialah suatu istilah yang berasal dari bahasa yunani. Pada awalnya istilah ini dipakai untuk dunia olahraga yaitu untuk mengetahui berapa jarak yang harus ditemuh oleh setiap pelari.

Pada masa Yunani dahulu kala istilah “kurikulum” dipakai untuk memperlihatkan tahapan-tahapan yang dilalui atau ditempuh oleh serang pelari dalam perlombaan lari estafet yang dikenal di dunia atletik. Secara etimologis, istilah kurikulum berasal dari bahasa yunani, yaitu curir yang artinya ‘pelari’ dan curere yang berarti ‘tempat berpacu’. Jadi, Istilah kurikulum berasal dari dunia olah raga terutama dalam bidang atletik pada zaman romawi kuno.

Dalam bahasa prancis, istilah kurikulum berasal dari kata courier yang berarti berlari (to run). Kurikulum berarti suatu jarak yang harus ditempuh oleh seorang pelari dari garis start sampai dengan finish untuk memperoleh medali atau penghargaan.

Kurikulum  adalah suatu planning yang disusun untuk melancarkan peroses berguru mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah.

No. 20 tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa, kurikulum ialah seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa administrasi kurikulum ialah suatu sistem pengelolaan kurikulum yang kooperatif, komperhensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan tercapainya  tujuan kurikulum. Dalam pelaksanaannya, administrasi berbasis sekolah (MBS) dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Oleh lantaran itu, otonomi yang diberikan pada forum pendidikan dalam mengelola kurikulum secara berdikari dengan memprioritaskan kebutuhan dan ketercapaian. target dalam visi dan misi forum pendidikan tidak mengabaikan kebijaksanaan nasional yang telah ditetapkan.

Ruang Lingkup Kurikulum

Manajemen kurikulum merupakan belahan integral dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Lingkup administrasi kurikulum meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian kurikulum. Pada tingkat satuan pendidikan aktivitas kurikulum lebih mengutamakan untuk merealisasikan dan merelevansikan antara kurikulum nasional (standar kompetensi/kompetensi dasar) dengan kebutuhan tempat dan kondisi sekolah yang bersangkutan, sehingga kurikulum tersebut merupakan kurikulum yang integritas dengan akseptor didik maupun dengan lingkungan dimana sekolah itu berada.

Pedoman-pedoman pelaksanaan kurikulum.

Selain perencanaa yang merupakan tujuan pendidkan dan susunan materi pelajaran, pemerintah sentra mengeluarkan pedoman-pedoman umum yang harus diikuti oleh sekolah untuk menyusun perencanna yang sifatnya operasional di sekolah, pedoman-pedoman tersebut antara lain: struktur program, jadwal penyusunan akademik, pedoman penyusunan jadwal pembelajaran, pedoman penyusunan jadwal (rencana) mengajar, pedoman penyusunan satuan pelajaran, pembagian kiprah guru, pengatur siswa di dalam kelas.

DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan Lias, 2010, Kurikulum Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung
Persada (GP Press).

Nasution Harun, 1989 Kurikulum dan Pengajaran, Jakarta: PT bumi Aksara,

Suharsimi Arikonto, dan Yuliana Lia, 2002, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri yogyakarta.

Baca Juga: