Pengertian laba bersih, rumus dan contoh serta cara meningkatkannya

Pengertian

Laba bersih adalah keuntungan yang tersisa setelah dikurangi dengan semua biaya yang terkait dengan operasi bisnis, termasuk pajak. Laba bersih merupakan ukuran keuntungan yang paling akurat karena telah memperhitungkan semua biaya yang terkait dengan operasi bisnis. Laba bersih juga sering disebut dengan net profit atau net income.

Rumus menghitung laba bersih

Rumus menghitung laba bersih adalah:

Laba bersih = Laba tara + Pendapatan lain – Beban lain

di mana:

  • Laba tara adalah keuntungan yang diperoleh sebuah perusahaan setelah memotong semua biaya produksi dan pemasaran dari penjualan.
  • Pendapatan lain adalah pendapatan yang diperoleh selain dari penjualan produk utama, seperti bunga bank, royalti, dan sebagainya.
  • Beban lain adalah biaya yang tidak terkait dengan produksi atau pemasaran, seperti biaya administrasi, biaya keuangan, dan pajak.

Contoh: Jika suatu perusahaan memiliki laba tara sebesar $100.000, pendapatan lain sebesar $20.000, dan beban lain sebesar $30.000, maka laba bersih perusahaan tersebut adalah $100.000 + $20.000 – $30.000 = $90.000.

Cara meningkatkan laba bersih

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan laba bersih perusahaan Anda:

  1. Meningkatkan penjualan: Anda dapat meningkatkan penjualan dengan meningkatkan promosi, mengembangkan produk baru, atau meningkatkan efisiensi produksi sehingga dapat menurunkan biaya produksi.
  2. Menurunkan biaya: Anda dapat menurunkan biaya dengan mengoptimalkan biaya tenaga kerja, mengurangi biaya bahan baku, atau menggunakan teknologi yang lebih efisien.
  3. Meningkatkan harga jual: Anda dapat meningkatkan harga jual produk atau jasa Anda jika Anda dapat menunjukkan keunggulan atau nilai tambah yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaing Anda.
  4. Meningkatkan efisiensi operasi: Anda dapat meningkatkan efisiensi operasi dengan menggunakan sistem manajemen terintegrasi, mengurangi waktu tunggu, atau mengurangi tingkat kerusakan produk.
  5. Memperluas pasar: Anda dapat memperluas pasar dengan mengembangkan bisnis ke pasar baru atau dengan meningkatkan penetrasi pasar di pasar yang sudah ada.

Ingat bahwa setiap strategi yang Anda pilih harus sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan Anda, serta harus diimplementasikan dengan benar agar dapat memberikan hasil yang diinginkan.