Perdagangan saham, jenis-jenis saham dan proses pendaftaran saham baru

Perdagangan Saham di Bursa Saham

Perdagangan saham di bursa saham merupakan proses jual beli saham yang terjadi di pasar modal. Para pelaku pasar yang terlibat dalam perdagangan saham di bursa saham meliputi perusahaan, individu, atau lembaga keuangan.

Masing-masing pelaku pasar memiliki tujuan yang berbeda dalam melakukan perdagangan saham, seperti untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan beli saham, atau untuk membeli saham sebagai bagian dari strategi investasi jangka panjang.

Untuk melakukan perdagangan saham di bursa saham, pelaku pasar harus terdaftar sebagai anggota bursa saham tersebut dan memiliki rekening saham di sekuritas yang terdaftar.

Selanjutnya, pelaku pasar dapat memasukkan order jual atau beli saham melalui sistem perdagangan yang disediakan oleh bursa saham. Sistem perdagangan akan membandingkan harga yang ditawarkan oleh penjual dengan harga yang diminta oleh pembeli, dan jika terdapat kesepakatan harga, maka perdagangan saham akan terjadi.

Jenis-jenis Saham yang Diperdagangkan

Berikut adalah beberapa jenis saham yang biasa diperdagangkan di bursa saham, beserta referensi untuk mengetahui lebih lanjut:

Saham biasa (common stock):

Saham biasa adalah jenis saham yang paling umum diperdagangkan di bursa saham. Saham biasa memberikan hak kepemilikan terhadap perusahaan kepada pemegang saham, serta memberikan hak suara dalam rapat umum pemegang saham. (Referensi: “Types of Stocks” oleh Securities and Exchange Commission)

Saham preferen (preferred stock):

Saham preferen adalah jenis saham yang memberikan hak kepemilikan terhadap perusahaan kepada pemegang saham, namun tidak memberikan hak suara dalam rapat umum pemegang saham. Saham preferen biasanya memiliki dividen yang lebih tinggi daripada saham biasa, namun tidak memiliki potensi kenaikan harga yang sama tingginya. (Referensi: “Types of Stocks” oleh Securities and Exchange Commission)

Saham dengan hak suara terbatas (restricted stock):

Saham dengan hak suara terbatas adalah jenis saham yang memberikan hak kepemilikan terhadap perusahaan kepada pemegang saham, namun hanya memberikan hak suara dalam kondisi-kondisi tertentu. (Referensi: “Types of Stocks” oleh Securities and Exchange Commission)

Saham grup (group stock):

Saham grup adalah jenis saham yang dikeluarkan oleh kelompok perusahaan yang bekerja sama. Saham grup biasanya diperdagangkan di bursa saham sebagai satu unit, namun setiap perusahaan yang tergabung dalam kelompok tersebut memiliki hak kepemilikan terpisah. (Referensi: “Types of Stocks” oleh Securities and Exchange Commission)

Saham indeks (index stock):

Saham indeks adalah jenis saham yang diperdagangkan di bursa saham sebagai satu unit, yang terdiri dari saham-saham yang terdapat dalam indeks tertentu, seperti indeks S&P 500 atau Dow Jones Industrial Average. Harga saham indeks merupakan rata-rata harga saham-saham yang terdapat dalam indeks tersebut. (Referensi: “Types of Stocks” oleh Securities and Exchange Commission)

Proses Pendaftaran Saham Baru

Proses pendaftaran saham baru atau “initial public offering” (IPO) adalah proses di mana perusahaan menawarkan sahamnya kepada publik untuk pertama kali. Berikut adalah tahapan-tahapan umum yang biasa dilakukan dalam proses pendaftaran saham baru:

  1. Persiapan
  • Perusahaan yang akan melakukan IPO harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti laporan keuangan, prospektus, dan dokumen lain yang diperlukan oleh regulator pasar modal.
  • Perusahaan juga harus menentukan jumlah saham yang akan dijual, harga saham, dan jadwal penawaran saham.
  1. Penyampaian permohonan
  • Setelah dokumen-dokumen persiapan selesai dibuat, perusahaan harus menyerahkan permohonan pendaftaran saham baru kepada regulator pasar modal, yang biasanya berupa badan pengawas pasar modal atau bursa saham.
  • Regulator pasar modal akan memeriksa dokumen-dokumen yang diajukan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  1. Penerbitan prospektus
  • Setelah permohonan diterima dan disetujui oleh regulator pasar modal, perusahaan akan menerbitkan prospektus yang menjelaskan tentang perusahaan, saham yang akan ditawarkan, dan informasi lain yang diperlukan oleh calon investor.
  • Prospektus ini harus disetujui oleh regulator pasar modal sebelum diterbitkan.
  1. Penjualan saham
  • Setelah prospektus disetujui dan diterbitkan, perusahaan dapat mulai menjual sahamnya kepada publik. Penjualan saham biasanya dilakukan melalui broker atau perantara perdagangan saham.
  • Penjualan saham biasanya dilakukan selama beberapa hari hingga beberapa minggu, tergantung pada jumlah saham yang akan ditawarkan dan permintaan dari calon investor.
  1. Listing
  • Setelah proses penjualan saham selesai, perusahaan akan memasukkan sahamnya ke dalam daftar perdagangan di bursa saham, sehingga saham tersebut dapat diperdagangkan oleh publik.

Referensi:

  • Securities and Exchange Commission. (2021). How the Stock Market Works. Diakses pada tanggal 2021-09-01. https://www.sec.gov/investor/learn/how-the-stock-market-works
  • The Balance. (2021). How to Buy Stocks. Diakses pada tanggal 2021-09-01. https://www.thebalance.com/how-to-buy-stocks-for-beginners-2388848
  • https://www.investopedia.com/terms/i/initial-public-offering-ipo.asp
  • https://www.thebalance.com/what-is-an-ipo