Menu Tutup

Perusahaan Jasa: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menyediakan jasa atau layanan kepada pelanggan tanpa menghasilkan barang fisik. Perusahaan jasa berbeda dengan perusahaan dagang atau industri yang menjual barang yang dapat dilihat, diraba, atau diukur. Perusahaan jasa mengandalkan sumber daya manusia, pengetahuan, keterampilan, dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Ciri-Ciri Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan perusahaan lain, yaitu:

  • Tidak berwujud (intangible). Jasa tidak dapat dilihat, diraba, atau diukur secara fisik. Jasa hanya dapat dirasakan atau dinilai oleh pelanggan setelah menerima layanan tersebut.
  • Tidak dapat disimpan (perishable). Jasa tidak dapat disimpan untuk digunakan di kemudian hari. Jasa harus dikonsumsi pada saat bersamaan dengan produksinya. Misalnya, jasa transportasi, pendidikan, atau kesehatan.
  • Tidak dapat dipisahkan (inseparable). Jasa tidak dapat dipisahkan dari penyedia jasa atau sumber daya yang digunakan untuk menghasilkan jasa tersebut. Pelanggan harus berinteraksi langsung dengan penyedia jasa atau sumber daya lainnya untuk mendapatkan layanan. Misalnya, jasa salon, hotel, atau restoran.
  • Bervariasi (heterogeneous). Jasa tidak dapat diproduksi secara seragam atau standar. Kualitas dan kuantitas jasa dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti kondisi lingkungan, waktu, tempat, dan perilaku penyedia dan penerima jasa. Misalnya, jasa konsultasi, akuntansi, atau hukum.

Jenis-Jenis Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan kriteria tertentu, seperti:

  • Berdasarkan objek layanan. Perusahaan jasa dapat dibedakan menjadi:
    • Perusahaan jasa kepada orang (people-based services). Perusahaan ini menyediakan jasa yang berhubungan dengan orang sebagai objek layanan. Misalnya, jasa pendidikan, kesehatan, kecantikan, hiburan, atau olahraga.
    • Perusahaan jasa kepada barang (goods-based services). Perusahaan ini menyediakan jasa yang berhubungan dengan barang sebagai objek layanan. Misalnya, jasa perbaikan, perawatan, pengiriman, atau penyewaan barang.
    • Perusahaan jasa kepada organisasi (organization-based services). Perusahaan ini menyediakan jasa yang berhubungan dengan organisasi sebagai objek layanan. Misalnya, jasa audit, konsultasi, periklanan, atau asuransi.
  • Berdasarkan tingkat kontak dengan pelanggan. Perusahaan jasa dapat dibedakan menjadi:
    • Perusahaan jasa kontak tinggi (high-contact services). Perusahaan ini menyediakan jasa yang memerlukan kontak langsung dan intensif antara penyedia dan penerima jasa. Misalnya, jasa salon, hotel, restoran, atau bank.
    • Perusahaan jasa kontak rendah (low-contact services). Perusahaan ini menyediakan jasa yang memerlukan kontak tidak langsung atau jarang antara penyedia dan penerima jasa. Misalnya, jasa internet, telepon, listrik, atau air.

Contoh-Contoh Perusahaan Jasa

Beberapa contoh perusahaan jasa di Indonesia adalah:

  • Gojek. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam jasa berbasis aplikasi online, seperti transportasi online (GoRide), pesan antar makanan (GoFood), belanja online (GoMart), layanan kebersihan (GoClean), layanan kecantikan (GoGlam), layanan kesehatan (GoMed), dan lain-lain.
  • Traveloka. Perusahaan ini menyediakan jasa pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, bus, dan aktivitas wisata secara online. Perusahaan ini juga menyediakan jasa pembayaran online (Traveloka Pay), asuransi perjalanan (Traveloka Protect), dan pinjaman online (Traveloka Dana).
  • Gramedia. Perusahaan ini menyediakan jasa penjualan buku, alat tulis, mainan, dan produk-produk lainnya secara online maupun offline. Perusahaan ini juga menyediakan jasa penerbitan buku (Gramedia Pustaka Utama), percetakan (Gramedia Printing), media (Kompas Gramedia), dan pendidikan (Gramedia Learning).
  • Telkom. Perusahaan ini menyediakan jasa telekomunikasi dan informasi, seperti telepon rumah (Telkom PSTN), internet rumah (IndiHome), telepon seluler (Telkomsel), internet seluler (Telkomsel Flash), televisi berbayar (UseeTV), dan lain-lain.

Baca Juga: