Politik Ekonomi

Politik ekonomi atau kebijaksanaan ekonomi adalah cara-cara yang ditempuh dan tindakan-tindakan yang diambil oleh pemerintah. Cara dan tindakan ini untuk mengatur kehidupan ekonomi nasional guna mencapai tujuan-tujuan di bidang ekonomi, terutama kemakmuran masyarakat

Beberapa sanana politik ekonomi yang penting sebagai benikut.

  1. Politik fiskal yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam mengatur keuangan negana, khususnya di bidang perpajakan dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  2. Politik moneter yaitu kebijaksanaan pemerintah (melalui Bank Sentral) dalam mengatur keuangan dan perkreditan, misalnya jumlah uang beredar, batas-batas pemberian kredit, dan tinggirendahnya tingkat bunga.
  3. Politik produksi yaitu kebijaksanaan pemerintah untuk meningkatkan pnoduksi dalam negeri dengan menggunakan sumben-sumben alam secara efisien. Politik ekonomi yang ditujukan untuk melindungi dan memajukan industri dalam negeni disébut sebagal kebijaksanaan
  4. Politik pendagangan luar negeni yaitu kebijaksanaan pemenintab yang berhubungan dengan ekspor dan impor, nenaca pembayaran, utang luar negeri, kurs valuta asing, dan kerja sàma Politik harga dan upah yaitu kebijaksanaan pemenintah dalam mengawasi dan mengendalikan harga-harga barang dan upah.
  5. Politik sosial atau ketenagakenjaan yaitu kebijaksanaan pemerintah dalam hal penciptaan kesempatan keija, hubungan tenagà kerja, dan kesejahtenaan karyawan.

Untuk setiap bidang yang penting, pemenintah mempunya suatu kebijaksanaan, inisalnya dalam hidang kependudukan,  pentambangan, perkoperasian,    dan sebagainya.