Menu Tutup

Polsuspas: ASN yang Bertugas di Lembaga Pemasyarakatan

Polsuspas adalah singkatan dari Polisi Khusus Pemasyarakatan, yaitu aparatur sipil negara (ASN) yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Polsuspas bertugas dengan tanggung jawab pengawasan, pembinaan, keamanan, dan keselamatan narapidana dan tahanan di RUTAN (Rumah Tahanan Negara), LAPAS (Lembaga Pemasyarakatan), dan RUPBASAN (Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara) 1.

Sejarah Polsuspas

Polsuspas dulunya dikenal dengan nama sipir, karena masih menggunakan sistem pemenjaraan dalam memberikan hukuman bagi orang yang dinyatakan bersalah oleh pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Namun, sejak tahun 1965, sistem penjara di Indonesia diubah oleh pemerintah menjadi sistem lapas yang mengedepankan HAM (Hak Asasi Manusia) dalam melakukan pembinaan pada narapidana maupun tahanan 1.

Polsuspas merupakan korps polisi khusus yang bukan bagian dari POLRI, tetapi memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Kepolisian Khusus dan lisensi kemampuan menggunakan senjata api dari Mabes Polri. Polsuspas juga menerima pelatihan dan pendidikan semi-militer, seperti kemampuan fisik, kemampuan menembak, bela diri, dan lain-lain 2.

Tugas dan Tanggung Jawab Polsuspas

Tugas utama polsuspas adalah menerapkan sanksi yang sama sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan kepada narapidana dan tahanan. Selain itu, polsuspas juga berperan sebagai mitra POLRI dalam melaksanakan pekerjaan penegakan ketentuan hukum yang bersifat preventif, preemtif, dan represif non yustisial. Polsuspas juga bertanggung jawab melakukan pencegahan, penangkapan, penyidikan, serta pembuatan laporan kejadian untuk setiap kegiatan yang mereka lakukan sesuai peraturan perundang-undangan 2.

Selain itu, polsuspas juga bertanggung jawab sebagai tunas pengayoman, yaitu pekerjaan pengamanan, pengawasan, pemeriksaan dan pembinaan terhadap narapidana dan tahanan. Polsuspas juga harus menjaga kerjasama dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti kejaksaan, pengadilan, lembaga swadaya masyarakat, keluarga narapidana dan tahanan, serta masyarakat umum 2.

Syarat dan Cara Menjadi Polsuspas

Untuk menjadi polsuspas, seseorang harus memenuhi syarat-syarat tertentu, antara lain:

  • Warga negara Indonesia
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun
  • Berpendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak pernah terlibat tindak pidana
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia
  • Lulus seleksi administrasi, akademik, kesehatan, psikologi, fisik, dan wawancara 34

Cara mendaftar menjadi polsuspas adalah sebagai berikut:

  • Mengunjungi situs resmi SSCASN BKN ([https://sscasn.bkn.go.id]) pada periode pendaftaran CPNS
  • Membuat akun SSCASN dengan mengisi data diri dan dokumen pendukung
  • Memilih formasi polsuspas di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
  • Mengikuti tes seleksi kemampuan dasar (SKD) berbasis CAT (Computer Assisted Test)
  • Mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) yang meliputi tes kemampuan jasmani, tes kesehatan, tes psikologi, tes wawancara, dan tes kesehatan jiwa
  • Menunggu pengumuman hasil akhir dan penetapan NIP (Nomor Induk Pegawai) 34

Kesimpulan

Polsuspas adalah ASN yang bertugas di lembaga pemasyarakatan dengan tanggung jawab pengawasan, pembinaan, keamanan, dan keselamatan narapidana dan tahanan. Polsuspas merupakan korps polisi khusus yang memiliki KTA Kepolisian Khusus dan lisensi senjata api dari Mabes Polri. Untuk menjadi polsuspas, seseorang harus memenuhi syarat-syarat tertentu dan mengikuti seleksi CPNS yang ketat. Polsuspas adalah profesi yang menantang dan mulia, karena berkontribusi dalam menjaga ketertiban dan keadilan di masyarakat.

Sumber:
(1) Polsuspas – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Polsuspas.
(2) Polsuspas Adalah: Arti, Tugas & Pangkat – LokerPintar.id. https://lokerpintar.id/2022/10/01/polsuspas-adalah-arti-tugas-pangkat/.
(3) Cara Daftar dan Syarat Masuk Polsuspas 2023 | kumparan.com. https://kumparan.com/berita-terkini/cara-daftar-dan-syarat-masuk-polsuspas-2023-20KEyUFDzxi.
(4) Apa Itu Polsuspas? Simak Formasi CPNS Kemenkumham 2023 Lulusan SMA dan …. https://kaltim.tribunnews.com/2023/08/06/apa-itu-polsuspas-simak-formasi-cpns-kemenkumham-2023-lulusan-sma-dan-cara-daftar-di-sscasn-bkn.

Baca Juga: