Prinsip Manajemen Mutu ISO

Prinsip administrasi mutu ISO 9001:2000 disusun berlandaskan pada delapan prinsip administrasi kualitas. Prinsip- prinsip ini sanggup dipakai oleh administrasi senior sebagai suatu kerangka kerja (frame work) yang membimbing organisasi pada peningkatan kinerja.

Fokus Pada Pelanggan

Organisasi bergantung pada pelanggan mereka, alasannya yaitu itu administrasi organisasi harus memahami kebutuhan pelanggan kini dan yang akan datang. Organisasi harus memenuhi kebutuhan pelanggan dan ulet berusaha melebihi ekspektasi pelanggan.  Perusahaan yang menerapkan sistem administrasi mutu yang diharuskan mempunyai seni administrasi khusus untuk terus – menerus memantau kepuasan pelanggan. Beberapa hal yang harus dilakukan terkait prinsip ini adalah:

  • Meneliti dan memahami kebutuhan dan impian pelanggan
  • Memastikan bahwa tujuan organisasi selaras dengan kebutuhan dan impian pelanggan.
  • Mengkomunikasikan pentingnya memenuhi kebutuhan dan impian pelanggan di seluruh tingkatan organisasi.
  • Mengukur kepuasan pelanggan (survey kepuasan pelanggan) dan menindaklanjuti hasilnya.
  • Memastikan pendekatan yang seimbang antara kepuasan pelanggan dan kepuasan pihak berkepentingan lainnya (seperti pemilik, karyawan, pemasok, pemodal, masyarakat lokal dan masyarakat secara keseluruhan).

Kepemimpinan

Pemimpin organisasi harus tetapkan kesatuan tujuan dan arah dari organisasi. Mereka harus membuat dan memelihara lingkungan internal supaya orang- orang sanggup menjadi terlibat secara penuh dalam pencapaian tujuan- tujuan organisasi. Penerapan prinsip kepemimpinan ini nantinya akan mengarah pada:

  • Pertimbangan semua kebutuhan pihak terkait sebagai suatu kesatuan.
  • Menciptakan visi yang terang untuk masa depan organisasi.
  • Menciptakan target, tujuan, atau sasaran yang menantang.
  • Menciptakan sumber daya dan pelatihan.
  • Menjadi pola dalam hal kejujuran, moral, dan penciptaan budaya.

Keterlibatan Orang Dalam Membangun Misi Perusahaan

Orang atau karyawan pada semua tingkatan merupakan faktor yang sangat penting dari suatu organisasi dan keterlibatan mereka secara penuh akan memungkinkan kemampuan mereka dipakai untuk manfaat organisasi. Organisasi – organisasimengembangkan pernyataan misi untuk membaginya dengan manajer, karyawan, dan pelanggan. Misi yang baik akan menunjukkan kepada karyawan rasa kebersamaan dalam tujuan, arah, dan peluang perusahaan.

Pendekatan Proses

Suatu hasil yang diinginkan akan tercapai secara efisien, apabila acara dan sumber- sumber daya yang berkaitan dikelola sebagai suatu proses. Suatu proses sanggup didefinisikan sebagai integrasi sekuensial dari orang, material, metode, mesin dan peralatan, dalam suatu lingkungan guna menghasilkan nilai tambah output bagi pelanggan. Beberapa hal yang harus dilakukan terkait prinsip ini adalah: