Menu Tutup

Pulau Condong Lampung: Pulau Asri dan Alami di Ujung Timur Sumatera

Pulau Condong Lampung adalah salah satu pulau yang terletak di provinsi Lampung, pulau paling ujung timur pulau Sumatera. Pulau ini memiliki bentuk yang menyerupai mangkuk atau condong ke atas, sehingga dinamakan Pulau Condong . Pulau ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan alami, dengan pasir putih yang bersih, air laut yang jernih berwarna biru kehijauan, dan terumbu karang yang eksotis. Pulau ini juga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan berbagai aktivitas wisata bahari, seperti snorkeling, diving, memancing, atau sekadar berenang dan bersantai.

Image Credit: Instagram ajie_bae

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Secara administratif, Pulau Condong ini masuk wilayah Desa Tarahan, Lampung Selatan  . Pulau ini tidak memiliki penghuni tetap dan pariwisatanya masih dikelola oleh masyarakat . Di sini hanya ada beberapa kios makanan yang dimiliki oleh warga di sekitar Pantai Pasir Putih .

Untuk menuju ke Pulau Condong, pengunjung harus mengunjungi kawasan Pantai Pasir Putih terlebih dahulu. Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 40 km dari Bandar Lampung, ibu kota provinsi Lampung. Dari Bandar Lampung, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju arah Bakauheni. Setelah melewati pintu tol Tarahan, pengunjung akan menemukan papan petunjuk menuju Pantai Pasir Putih. Dari sini, pengunjung bisa mengikuti jalan aspal sepanjang 5 km hingga sampai di pantai.

Di Pantai Pasir Putih, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orang. Selanjutnya, pengunjung bisa menyewa perahu bermotor yang berkapasitas sekitar 10 orang untuk menuju ke Pulau Condong. Perahu bermotor ini merupakan usaha sampingan para nelayan lokal yang tersedia setiap saat di pantai . Tarif sewa perahu bermotor ini berkisar antara Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per perahu, tergantung kesepakatan harga setelah tawar menawar. Waktu tempuh perjalanan dari Pantai Pasir Putih ke Pulau Condong sekitar 15 hingga 25 menit.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Condong

Pulau Condong memiliki daya tarik yang beragam di setiap sisinya. Berikut adalah beberapa daya tarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung:

– Pemandangan Pulau. Pemandangan pulau cantik ini sudah terlihat dari jauh. Bentuk pulau yang unik dan menawan membuat pengunjung penasaran untuk menjelajahinya lebih dekat. Di pulau ini juga terdapat beberapa kera liar yang berkeliaran mencari makan di sekitar pulau .

– Pasir Putih. Di sisi selatan dan utara pulau, terdapat hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Pasir ini bisa digunakan untuk berjalan-jalan, bersantai, atau bermain pasir. Di sisi selatan pulau, terdapat juga habitat dari makhluk kecil kerang yang sering memunculkan diri di bawah lubang-lubang pasir.

– Keindahan Bawah Laut. Di sisi selatan pulau juga terdapat spot pemandangan bawah laut yang eksotis. Pemandangan bawah laut ini dihiasi dengan beberapa terumbu karang yang menarik dan berbagai ikan kecil berwarna-warni yang berenang dengan bebasnya. Air laut di sini sangat jernih dan tenang dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam, sehingga sangat cocok untuk snorkeling atau diving.

– Sunset Senja. Di sisi barat pulau, terdapat panorama sunset senja yang romantis. Pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam dengan latar belakang langit berwarna merah jingga dan laut biru. Di sisi barat pulau juga terdapat terowongan alami yang terbuat dari karang-karang yang terpecah menjadi dua bagian.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Condong

Selain menikmati daya tarik alamnya, pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan menarik di Pulau Condong, seperti:

– Snorkeling. Snorkeling adalah salah satu kegiatan favorit para pengunjung di Pulau Condong. Dengan snorkeling, pengunjung bisa melihat langsung keindahan bawah laut pulau ini dengan mata kepala sendiri. Pengunjung bisa menyewa alat snorkeling di Pantai Pasir Putih atau membawa sendiri dari rumah.

– Memancing. Bagi para pecinta memancing, Pulau Condong juga menjadi tempat yang ideal untuk melampiaskan hobi mereka. Di sekitar pulau ini banyak terdapat ikan-ikan besar maupun kecil yang bisa dipancing dengan mudah. Pengunjung bisa membawa alat pancing sendiri atau menyewanya di Pantai Pasir Putih.

– Menyusuri Pulau. Bagi para penjelajah, menyusuri pulau ini juga menjadi kegiatan yang seru dan menantang. Pengunjung bisa melihat lebih dekat bentuk-bentuk karang yang unik dan eksotis di sekitar pulau ini. Pengunjung juga bisa mencoba rock climbing di sisi barat pulau atau melihat-lihat kera-kera liar di sisi timur pulau.

Tips Wisata ke Pulau Condong

Berikut adalah beberapa tips wisata ke Pulau Condong agar perjalanan lebih nyaman dan menyenangkan:

– Membawa perlengkapan mandi dan ganti pakaian secukupnya.

– Membawa sunblock dan topi untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

– Membawa kamera atau handphone untuk mengabadikan momen-momen indah di pulau ini.

– Membawa makanan dan minuman sendiri jika ingin piknik di pulau ini.

– Menjaga kebersihan dan keselamatan lingkungan pulau dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak karang-karang.

– Menghormati adat istiadat dan budaya masyarakat setempat dengan tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma atau etika.

Baca Juga: