Menu Tutup

Pulau Tanjung Putus: Surga Tersembunyi di Lampung

Pulau Tanjung Putus adalah salah satu destinasi wisata bahari yang menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pulau ini terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung, dan berjarak sekitar 85 kilometer dari Bandar Lampung. Pulau ini memiliki pantai pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih dan tenang. Di bawah permukaan laut, terdapat terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni yang siap menyambut para pengunjung yang ingin snorkeling atau diving.

Source: IG greenbay_tanjungputus

Sejarah Nama Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus memiliki nama yang unik dan menarik. Menurut cerita masyarakat setempat, pulau ini dulunya masih menyatu dengan pulau Sumatera. Namun, akibat erosi yang terjadi selama bertahun-tahun, daratan yang menghubungkan pulau ini dengan pulau Sumatera semakin terkikis oleh air laut. Akhirnya, pulau ini “putus” atau terpisah dari pulau Sumatera dan menjadi sebuah pulau tersendiri.

Aktivitas Wisata di Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan dan menantang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini antara lain:

  • Snorkeling dan diving. Pulau Tanjung Putus dikenal sebagai surga terumbu karang karena memiliki keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling atau diving di lokasi atau membawa sendiri. Ada banyak spot snorkeling dan diving yang bisa dipilih, seperti di sekitar pantai, di dekat jembatan kayu, atau di seberang pulau.
  • Berenang dan bermain air. Air laut di pulau ini sangat bersih dan tenang, sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Pengunjung bisa menikmati sensasi berendam di air laut yang segar dan sejuk sambil melihat pemandangan pantai yang indah.
  • Bersantai dan menikmati pemandangan. Pulau Tanjung Putus juga memiliki fasilitas-fasilitas yang mendukung untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Di sepanjang pantai, terdapat pondok-pondok, gazebo, kursi-kursi santai, dan ayunan yang bisa digunakan oleh pengunjung. Selain itu, ada juga pohon-pohon kelapa yang menambah suasana tropis di pulau ini.
  • Berfoto-foto. Pulau Tanjung Putus memiliki banyak spot foto yang instagramable dan menarik. Beberapa spot foto yang bisa dicoba adalah jembatan kayu yang menghubungkan dua bagian pulau, papan nama pulau Tanjung Putus, patung ikan hiu, ayunan di atas air, dan tentu saja pantai pasir putihnya.

Tiket Masuk dan Akses Menuju Pulau Tanjung Putus

Untuk bisa masuk ke pulau Tanjung Putus, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang3. Selain itu, pengunjung juga harus menyewa perahu penyeberangan dari dermaga Kampung Ketapang untuk sampai ke pulau ini. Biaya sewa perahu berkisar antara Rp400.000 hingga Rp500.000 untuk sekali jalan bolak-balik. Perahu penyeberangan bisa menampung sekitar 8 hingga 10 orang, sehingga pengunjung bisa berpatungan untuk menghemat biaya.

Untuk menuju dermaga Kampung Ketapang, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari Bandar Lampung. Jarak tempuh dari Bandar Lampung ke Kampung Ketapang sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dari dermaga Kampung Ketapang, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan perahu penyeberangan selama sekitar 30 menit hingga sampai ke pulau Tanjung Putus.

Fasilitas dan Akomodasi di Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus memiliki fasilitas-fasilitas yang cukup memadai untuk mendukung kegiatan wisata di sana. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  • Toilet dan kamar mandi. Di pulau ini terdapat toilet dan kamar mandi umum yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk membersihkan diri setelah beraktivitas di pantai.
  • Tempat ibadah. Di pulau ini juga terdapat sebuah mushola yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah sholat.
  • Warung makan. Di pulau ini terdapat beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman ringan dengan harga terjangkau
  • Penginapan. Di pulau ini juga terdapat beberapa penginapan yang bisa disewa oleh pengunjung yang ingin menginap di sana. Penginapan-penginapan tersebut antara lain Green Bay Resort, Pondok Wisata Pantai Pasir Putih, Pondok Wisata Pantai Pasir Emas, Pondok Wisata Pantai Pasir Perak, Pondok Wisata Pantai Pasir Timah, dan Pondok Wisata Pantai Pasir Mutiara. Harga sewa penginapan bervariasi tergantung dari fasilitas dan kapasitasnya.

Tips Berwisata ke Pulau Tanjung Putus

Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda untuk berwisata ke pulau Tanjung Putus dengan nyaman dan aman:

  • Membawa perlengkapan mandi. Jika anda ingin snorkeling atau diving di pulau ini, sebaiknya anda membawa perlengkapan mandi sendiri seperti handuk, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dll.
  • Membawa obat-obatan. Jika anda memiliki riwayat alergi atau penyakit tertentu, sebaiknya anda membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya.
  • Membawa sunblock. Jika anda tidak ingin kulit anda terbakar oleh sinar matahari saat berada di pantai, sebaiknya anda membawa sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit anda.
  • Membawa kamera. Jika anda ingin mengabadikan momen-momen indah anda saat berada di pulau ini, sebaiknya anda membawa kamera atau handphone dengan kualitas kamera yang baik.
  • Menjaga kebersihan. Jika anda ingin menjaga keindahan alam pulau ini, sebaiknya anda tidak membuang sampah sembarangan saat berada di sana. Bawalah kantong plastik untuk menyimpan sampah-sampah anda dan buanglah pada tempatnya.
  • Menjaga keselamatan. Jika anda ingin berenang atau snorkeling di laut, sebaiknya anda tidak melakukannya sendirian atau tanpa pengawasan orang lain. Pastikan juga anda menggunakan alat pelampung jika tidak bisa berenang dengan baik.

Baca Juga: