Rangkuman Kisah 25 Nabi dan Rasul

Nabi Adam AS

Asal mula manusia atau manusia pertama di bumi adalah Nabi Adam, bukannya sebangsa kera sebagaimana teori Darwin. Tetapi, Nabi Adam adalah manusia pertama yang mempunyai gelar Nabi dan Rasul.

Dosa yang telah beliau lakukan yaitu memakan buah khuldi karena bisikan setan, telah diampuni Allah karena beliau telah bersungguh-sungguh taubat kepada-Nya.

Iblis dan setan terkutuk karena selalu berupaya menggoda manusia agar tersesat dari jalan Allah sehingga nantinya manusia yang berhasil disesatkan akan menjadi teman iblis di neraka Jahannam.

Semua makhluk, termasuk malaikat tidak dapat mengetahui barang ghaib kecuali kalua diberitahu oleh Allah SWT, seperti Allah memberikan ilham kepada Qabil melalui burung gagak.

Nabi Idris AS

Nabi Idris adalah kakek Nabi Nuh AS, beliau memiliki bermacam-macam ilmu, diantaranya ilmu hitung, ilmu perbintangan, berani menggempur habis-habisan orang-orang yang durhaka kepada Allah, dan beliau adalah manusia pertama yang mengetahui ilmu jahit-menjahit, karena sebelumnya orang-orang masih memakai pakaian kulit binatang.

Beliau diangkat oleh Allah sebagai orang yang mempunyai derajat yang tinggi, karena beliau adalah seseorang yang shalih dan menyabar.

Allah tetpa menyayangi orang-orang yang shalih dan bersabar, dan paling benci kepada orang yang mendurhakainya.

Nabi Nuh AS

Nabi Nuh adalah seorang nabi yang menyeru kepada kaumnya, dan mendapat rintangan serta tantangan hebat dari kaumnya yang kafir, berupa ejekan, olok-olok dan kata-kata kotor lainnya.

Beliau tidak mengenal putus asa, menasehati dan memberi peringatan kepada kaumnya yang mendurhakai Allah, sedikit sekali jumlah mereka yang beriman mengikuti ajaknnya, padahal perjuangan beliau menelan waktu sekitar 910 tahun lamanya.

Apabila umat manusia berbuat hal-hal yang melampaui batas kemanusiaan dan durhaka kepada Allah, maka akan disediakan azab yang sangat pedih di akhiratdan ditimpa siksa yang kejam didunia.

Sekalipun keluarga sendiri, apabila berlainan keyakinan, itu bukanlah berarti keluarga nya sendiri

Allah SWT pasti memberi pertolongan kepada orang-orang yang beriman kepada-Nya dan mengikuti ajakan nabi-Nya.

Nabi Hud AS

Nabi Hud adalah keturunan nabi nuh uang diutus oleh Allah kepada ‘Aad yang sangat durhaka

Kaum ‘Aad adalah suatu kaum yang kuat dan Tangguh, pandai membuat benteng-benteng pertahanan untuk menghadapi musuh, Gedung-gedungnya indah, namun mereka musyrik dan durhaka kepada Allah SWT.

Kaum ‘Aad yang sombong dan besar kepala ini, dibinasakan oleh Allah dengan azab berupa angin dahsyat luar biasa selama tujuh malam delapan hari, dan disudahi dengan siksa yang sangat mengerikan, akhirnya mereka mati bergelimpangan seperti pohon-pohon yang ditumbangkan.