Sejarah Kurikulum Pendidikan

Sejarah kurikulum pendidikan telah berkembang seiring dengan perkembangan masyarakat dan kebutuhan serta tujuan pendidikan itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan sejarah kurikulum pendidikan:

  1. Kurikulum Tradisional (Pre-Industrial) Pada masa ini, kurikulum pendidikan terutama ditujukan untuk mempersiapkan siswa menjadi anggota masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi dan sosial, terutama dalam bidang pertanian dan kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Kurikulum pendidikan pada masa ini terfokus pada pengajaran ilmu-ilmu dasar seperti membaca, menulis, dan menghitung, serta mempersiapkan siswa untuk menjadi warga masyarakat yang bertanggung jawab.
  2. Kurikulum Modern (Industrial) Pada masa ini, perkembangan industri dan teknologi memicu perubahan dalam kurikulum pendidikan. Kurikulum pendidikan mulai terfokus pada pengajaran ilmu-ilmu teknis dan teknologi untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang kompeten di bidang industri. Kurikulum pendidikan pada masa ini juga mulai menekankan pentingnya pendidikan karakter dan nilai-nilai moral.
  3. Kurikulum Reformis (Post-Industrial) Pada masa ini, kurikulum pendidikan mulai berfokus pada pengembangan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah. Kurikulum pendidikan pada masa ini juga mulai menekankan pentingnya pendidikan karakter dan nilai-nilai moral, serta mengintegrasikan pengajaran ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan.
  4. Kurikulum Kontemporer Pada masa ini, kurikulum pendidikan mulai terfokus pada pengembangan kemampuan siswa dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan menghadapi tantangan di masa depan. Kurikulum pendidikan pada masa ini juga menekankan pentingnya pengembangan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan memecahkan masalah, serta mengintegrasikan ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan dengan teknologi dan ilmu-ilmu teknis.

Sejarah kurikulum pendidikan menunjukkan bahwa kurikulum terus berkembang dan menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan dan tujuan pendidikan serta perkembangan