Sejarah Masuknya Islam ke Sumatera Selatan

Sejarah masuknya Islam ke Sumatera Selatan dimulai pada abad ke-13, ketika para pedagang Muslim dari Gujarat, India mulai berdagang di wilayah ini. Mereka membawa ajaran Islam dan menyebarkannya di kalangan masyarakat setempat. Selain itu, para ulama dan sufi dari Persia, Arabia dan Gujerat juga turut serta dalam penyebaran agama Islam di Sumatera Selatan.

Pada abad ke-15, kerajaan Melayu yang berpusat di Pagaruyung, Minangkabau mulai terpengaruh oleh agama Islam. Raja-raja di sana mulai menerima dan menganut agama Islam, sehingga menyebarluaskan agama tersebut di kalangan rakyatnya. Pada abad ke-17, kerajaan Melayu di Pagaruyung runtuh, dan berdiri kerajaan-kerajaan Melayu Islam baru di selatan Sumatera, seperti Kerajaan Aceh, Kerajaan Johor dan Kerajaan Palembang.

Pada abad ke-18, kerajaan-kerajaan Melayu Islam ini berperan penting dalam menyebarluaskan agama Islam di selatan Sumatera. Mereka mengirimkan para ulama dan da’i untuk menyebarkan agama Islam di wilayah-wilayah yang belum terjangkau. Hal ini membawa dampak positif dalam perkembangan agama Islam di Sumatera Selatan.

Pada masa kolonial Belanda, agama Islam semakin menyebar di Sumatera Selatan. Belanda menganggap agama Islam sebagai ancaman terhadap pemerintahannya dan berusaha untuk memperlemah posisi agama tersebut. Namun, usaha ini justru menyebabkan perlawanan dari masyarakat Muslim yang semakin teguh dalam menganut agama Islam.

Kini, agama Islam merupakan agama mayoritas di Sumatera Selatan. Masyarakat di sana sangat kuat dalam menjunjung tinggi ajaran agama Islam, sehingga membuat wilayah ini menjadi salah satu wilayah yang kuat dalam ajaran agama Islam di Indonesia.

Penutup:
Secara umum, masuknya agama Islam ke Sumatera Selatan dimulai dari para pedagang muslim yang datang dari India pada abad ke-13. Kemudian ditumbuhkan dan diperkuat oleh para ulama dan sufi dari Persia, Arabia dan Gujerat serta para Raja-raja Melayu yang berpusat di Pagaruyung, Minangkabau. Pada abad ke-18, kerajaan-kerajaan Melayu Islam di Sumatera Selatan berperan penting dalam menyebarluaskan agama Islam di wilayah yang belum terjangkau. Pada masa kolonial Belanda, agama Islam semakin menyebar di Sumatera Selatan. Saat ini, agama Islam merupakan agama mayoritas di Sumatera Selatan dan masyarakat di sana sangat kuat dalam menjunjung tinggi ajaran agama Islam.

Referensi:

  • https://www.academia.edu/20942296/SEJARAH_PERKEMBANGAN_AGAMA_ISLAM_DI_SUMATERA_SELATAN
  • Https://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JMK/article/view/5135/3711
  • https://www.researchgate.net/publication/334077107_Sejarah_Perkembangan_Islam_di_Sumatera_Selatan