Sejarah IAI An Nur Lampung

Setelah itu barulah dibentuk Kampus STAI An-Nur Lampung. STAI An Nur Lampung adalah Kampus Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta di Negri Tercinta ini yang berwujud Sekolah Tinggi, diurus oleh Kementerian Agama dan termaktub kedalam kopertais wilayah Ditjen Pendidikan Islam. Kampus ini telah lahir sejak tanggal 21 Oktober 2002. Dan sudah ber nomorkan SK : No.1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015, Sekolah Tinggi ini beralamat di Jln. Pesantren No. 01 Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung – Indonesia. Yayasan Hidayatul Mubtadiin kemudian berkembang sampai saat ini sejak 7 tahun yang lalu dengan kepemimpinan atau ketua Yayasan Hidayatul Mubtadiin yakni Abah.Dr.H.Andi Warisno M.M.Pd.

Salah satu kampus swasta yang mengalami transformasi alih bentuk dalam suatu lembaga yakni dari STAI An Nur Lampung menjadi IAI An Nur Lampung. Dan ditetapkan dalam Nomor SK : 3899/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 pada tanggal 24 Oktober 2017. Berubahnya status perguruan tinggi dari STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) menjadi IAI (Institut Agama Islam) dapat mempengaruhi sistem-sistem didalamnya, tak terkecuali sistem rekrutmen terhadap calon mahasiswa baru (maba) yang akan menempuh pendidikan tinggi di kampus Institut Agama Islam An Nur Lampung.

Perubahan alih status menambah tinggi semangat para pelajar untuk terus melanjutkan mimpi dan cita-citanya. Serta menambah beberapa prodi yaitu :

  1. Pendidikan Agama Islam (S.Pd)
  2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S.Pd)
  3. Manajemen Pendidikan Islam (S.Pd)
  4. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S,Pd)
  5. Pendidikan Bahasa Inggris (S.Pd)
  6. Pendidikan IPA (S.Pd)
  7. Ekonomi Syariah (S.E)
  8. Manajemen Haji dan Umroh (S.E)
  9. Hukum Keluarga (S.H)

dan terdapat 3 Fakultas di Institut Agama Islam An Nur Lampung diantaranya :

  1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  3. Fakultas Syariah dan Hukum

Dalam upaya peningkatan efisiensi, efektifitas dan kualitas pendidikan di Institut Agama Islam An Nur Lampung, dilakukan penataan terhadap fakultas-fakultas di lingkungan Kampus Institut Agama Islam An Nur Lampung.