Menu Tutup

Standar 2: Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Dan Penjaminan Mutu

2.1 Tatapamong menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan secara:

2.1.1 Kredibel

  1. Membangun sistem dan struktur tata pamong yang efectif dan efisien, yang dibuktikan dengan SK Sistem dan Struktur Organisasi Prodi yang memuat:
    • Struktur Organisasi – link
    • Tupoksi – link
    • Mekanisme Pengangkatan dan Kualifikasi – link
  2. Mengangkat tata pamong semuai dengan mekanisme dan kualifikasi yang dibuktikan dengan:
    • SK/Pedoman dan Mekanisme Pengangkatan Tata Pamong -link
    • Profil Tata Pamong dibuktikan dengan: SK Pengangkatan Kaprodi, SK Pengangkatan Dosen Prodi, SK Dosen PA – link, SK Dosen Pembimbing Skripsi – link, CV lengkap Dosen – link dan Kaprodi – link
  3. Meningkatkan budaya kerjasama dan melayani yang dibuktikan dengan:
    • SK Budaya dan Etos Kerja Prodi
    • Laporan Sosialisasi Budaya kerja yang disertai ToR, Surat Undangan, Daftar Hadir, Foto Kegiatan

2.1.2  Transparan

  1. Melibatkan seluruh unsure dalam pengambilan kebijakan dan mensosialisasikan secara terbuka, dibuktikan dengan:
    • Papan pengumuman dan mekanisme penginformasian – link
    • Galeri Foto kegiatan
    • Update berita di web – link
    • Rapat-rapat pengambilan kebijakan yang disertai dengan Surat undangan – link, daftar hadir – link dan Foto kegiatan – link
  2. Melaksanakan dan merencanakan kinerja sesuai VMTS dengan target yang terukur, yang dibuktikan:
    • Rencana dan capaian kerja prodi yang sesuai dengan rentra
    • Rencana dan capaian kerja prodi dengan waktu pelaksanaan yang jelas.

2.1.3 Akuntabel

  1. Melaporkan hasil kinerja secara terbuka dan berkala yang dibuktikan dengan:
    • Laporan tahunan Kaprodi
    • Laporan SAKIP AKIP
  2. Memiliki Komitmen dan Integritas yang tinggi yang dibuktikan:
    • Pakta integritas Kaprodi – link
    • Pakta Integritas Dosen Prodi – link
    • Pakta Integritas Tendik – link

2.1.4 Bertanggung jawab

  1. Meningkatkan Mutu Layanan yang dibuktikan dengan:
    • Laporan survey kepuasan layanan akademik
    • Laporan survey kepuasan layanan non akademik

2.1.5 Adil

  1. Membuat dan Melaksanakan seluruh aturan yang disertai reward and punishment yang dibuktikan dengan:
    • Surat Penghargaan –link
    • Pernyataan ketidakpuasan/Teguran/Hukuman -link
    • Piagam/Foto

2.2 Karakteristik kepemimpinan yang efektif

2.2.1  Operasional

  1. Menjabarkan VMTS dalam kerangka Program Kerja Prodi dibuktikan dengan adanya Renop/ Rencana Tahunan Prodi
  2. Menyusun WT yang dinuktikan dengan:
    • ToR
    • SK Tim Perumus (Pimpinan Institut-Fakultas-Prodi, Dosen)
    • Jadwal dan agenda rapat
    • Daftar hadir
    • Notulasi
    • Foto-foto,
    • Draf kasar RIP dan Renstra
    • Mendistribusikan WT

2.2.2 Organisasi

  1. Mengarahkan dan Monitoring pelaksanaan tugas yang dibuktikan dengan Laporan kegiatan persemster yang disertai dengan rekapitulasi

2.2.3 Publik

  1. Mewakili Prodi dalam Oranisasi kemasyarakatan yang di buktikan dengan SK -link1 – link2
  2. Kaprodi dan Dosen Prodi menjadi rujukan bertanya bagi masyarakat yang dibuktikan dengan surat undangan menjadi narasumber – link

2.3 Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup

2.3.1 Planning

  1. Sistem Pengelolaan Prodi yang terdiri dari:
    • Sistem Pengelolaan Akademik
    • Sistem Layanan Administrasi Akademik
    • Sistem Perencanaan dan Pengembangan
    • Sistem Pembinaan dan Pengembangan SDM
    • Sistem Layanan dan Administrasi Umum
    • Sistem Administrasi Keuangan
    • Sistem Layanan dan Pembinaan Mahasiswa
    • Sistem Pengelolaan dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana
  1. Perencanaan dan Pengembangan Prodi. Dokumen dibuktikan dengan
    • SOP Perencanaan dan Pengembangan Prodi
    • Laporan Kegiatan Perencanaan dan Pengembangan Prodi disertai dengan: ToR, Surat Undangan, Daftar Hadir, Hasil Kegiatan, Foto

2.3.2 Organizing

  1. SOP Layanan dan Administrasi Umum -link
  2. Laporan Kegiatan Layanan dan Administrasi Umum. Dibuktikan dengan:
    • Buku Ekspedisi
    • Buku Tamu
    • Arsip Surat Masuk
    • Arsip Surat Keluar
  3. SOP Layanan dan Administrasi Akademik -link
  4. Laporan Kegiatan Layanan dan Administrasi Akademik. Dibuktikan dengan:
    • Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
    • Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    • Hasil Kegiatan
    • Foto
  5. SOP Layanan dan Administrasi Kemahasiswaan -link
  6. Laporan Kegiatan Layanan dan Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni. Dibuktikan dengan:
    • Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
    • Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    • Hasil Kegiatan
    • Foto
  7. SOP Layanan Administrasi Kepegawaian -link
  8. Laporan Kegiatan Layanan Administrasi Kepegawaian. Dibuktikan dengan:
    • Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
    • Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    • Hasil Kegiatan
    • Foto
  9. SOP Layanan Administrasi Keuangan -link
  10. Laporan Kegiatan Layanan Administrasi Keuangan. Dibuktikan dengan:
    • Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
    • Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    • Hasil Kegiatan
    • Foto
  11. SOP Pengelolaan dan pemanfaatan Sarpras -link
  12. Laporan Kegiatan Layanan Administrasi Keuangan. Dibuktikan dengan:
    • Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
    • Waktu dan Tempat Pelaksanaan
    • Hasil Kegiatan
    • Foto

2.3.3 Staffing

  1. SOP Pembinaan dan Pengembangan SDM -link
  2. Laporan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan SDM. Dibuktikan dengan:
    • Surat Undangan
    • Daftar Hadir
    • Hasil Kegiatan
    • Foto
    • SK Penempaan dan Penugasan

2.3.4 Leading (Kepemimpinan)

  1. Mengarahkan dan Memotivasi dan Mengembangkan Teamwork yang dibuktikan dengan laporan kegiatan disertai dengan:
  • Surat Undangan
  • Daftar Hadir
  • Hasil Kegiatan
  • Foto
  1. Sistem Monev dan SK
  2. SOP Monev dan SK

2.3.5 Controlling

  1. Laporan Kegiatan Monitoring yang dibuktikan dengan:
    • Daftar Petugas dan Waktu Monitoring
    • Daftar Hadir
    • Hasil Monitoring
    • Foto dan Dokumen Pendukung
  2. Laporan Kegiatan Evaluasi yang dibuktikan dengan:
    • Surat Undangan
    • Daftar Hadir
    • Hasil Evaluasi
    • Foto

2.4 Pelaksanaan penjaminan mutu di program studi

  1. Membuat dan Menetapkan Standar Mutu
  2. SK Standar Mutu Prodi -link
  3. Sistem Penjaminan Mutu Prodi
  4. SK Sistem Penjaminan Mutu Prodi
  5. Laporan Sosialisasi Standar Mutu yang dibuktikan dengan:
    • Surat Undangan
    • Daftar Hadir
    • Materi Sosialisasi
    • Foto
  6. Melaksanakan SPMI dengan Pempentukan Gugus Mutu Prodi. Dokumen dibuktikan dengan SK Pelaksana dan Tugas Gugus Mutu Prodi
    1. Laporan Kegiatan Gugus Mutu Prodi yang dibuktikan dengan:
    • Time Schedule Gugus Mutu Prodi
    • Rekap kehadiran dosen dalam perkuliahan/Jurnal Perkuliahan
    • Rekap kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan
    • Rekap Capaian Pembelajaran
    • Rekapitulasi Mid dan UAS
  1. Memiliki kualitas mutu yang baik yang dibuktikan dengan:
    • Membentuk Konsursium Dosen Prodi. Dokumen terdiri dari Laporan Kegiatan konsorsium yang disertai Surat Undangan Rapat, daftar Hadir, Notulen Rapat yang focus pada mutu soal Mid UAS, makalah kompre dan Skripsi, Rekomendasi dan rencana tindak lanjut, foto-foto.
    • Menetapkan External Examiner yang dibuktikan dengan SK, CV, daftar hadir
  2. Mengundang LPM untuk melakukan Audit Mutu Prodi yang dibuktikan dengan laporan audit yang disertai:
    • Surat undangan/pemberitahuan
    • Daftar hadir
    • Temuan dan rekomendasi
    • Rencana Tindak Lanjut
    • Foto
  3. Melakukan SPME yang terdiri dari:
    • Menyusun Borang Prodi
    • Menyusun Evaprodi
    • Mengajukan Akredirasi ke BAN PT yang dibuktikan dengan Surat tugas dan SPD
    • Visitasi
  4. Melalukan Evaluasi Ketercapaian Mutu secara Berkala yang dibuktikan dengan laporan kegiatan disertai:
    • Surat Undangan
    • Daftar Hadir
    • Notulen
    • Rekomendasi dan RTL
    • Foto

2.5 Penjaringan umpan balik dan tindak lanjutnya. Sumber umpan balik antara lain dari: (1) dosen, (2) mahasiswa, (3) alumni, (4) pengguna lulusan.

  1. Laporan Survey Metode dan Strategi Pembelajaran, dibuktikan:
    • Metode dan tehnik penyebaran angket untuk dosen, mahasiswa dan alumni
    • Contoh angket
    • Analisis Hasil
    • Rekomendasi dan RTL
    • Foto
  2. Laporan Survei Layanan Akademik, dibuktikan:
    • Metode dan tehnik penyebaran angket untuk dosen dan mahasiswa
    • Contoh angket
    • Analisis Hasil
    • Rekomendasi dan RTL
    • Foto
  3. Laporan Survei Kelengkapan dan Kenyamanan Sarana dan Prasarana Pembelajaran, dibuktikan:
    • Metode dan tehnik penyebaran angket untuk dosen dan mahasiswa
    • Contoh angket
    • Analisis Hasil
    • Rekomendasi dan RTL
    • Foto
  4. Rekap dan Laporan Mingguan Kotak Saran Online dan off line, yang dibuktikan:
    • Model dan Tempat Kotak Saran
    • Contoh kritik dan saran
    • Rekomendasi dan RTL
    • SOP Pembukaan Kotak Saran
  5. Evaluasi Kesesuaian Kurikulum dengan Kebutuhan Stakeholders, dibuktikan dengan:
    • Model dan tehnik penyebaran angket
    • Contoh angket
    • Analisis Hasil
    • Rekomendasi dan RTL
    • Foto
  6. Laporan Monev hasil Survei

2.6 Upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi

  1. Peningkatan animo melalui Home Visit ke SMK/SMA/MAN dibuktikan dengan laporan kegiatan yang disertai:
    • ToR
    • Surat Permohonan
    • Daftar Sekolah yang di home visit
    • Surat Tugas dan SPD
    • Daftar Hadir
    • Materi
    • Feedback
    • Foto kegiatan
  2. Peningkatan animo melalui Pimpinan SMK/SMA/MAN yang diundang untuk sosialisasi yang disertai:
    • Surat Permohonan
    • Daftar Sekolah yang di home visit
    • Surat Tugas dan SPD
    • Daftar Hadir
    • Materi
    • Feedback
    • Foto kegiatan
  3. Peningkatan Mutu Managemen melalui:
    • Upgrade Sistem dan Managemen Pengelolaan melalui softwere terbaru
    • Melaksanakan Diklat dan Workshop yang dibuktikan: ToR, SK Panitia, Surat Undangan, Daftar Hadir, Materi, Narasumber, Foto Kegiatan
    • Data Pendelegasian ke berbagai acara di luar kampus dibuktikan dengan: Surat Undangan, SPD, Laporan Perjanan Dinas, Materi, Foto
  4. Peningkatan Mutu lulusan Melalui:
    • Peningkatan basis pengetahuan keagamaan dibuktikan dengan
    • Laporan kegiatan yang disertai: Hasil pre test dan post test BTA/PPI, Analisi hasil, RTL dan Foto Kegiatan
    • Menerapkan sistem pembelajaran yang up to date, dibuktikan dengan laporan kegiatan
    • Meningkatkan skill bahasa asing
  1. Meningkatkan kemitraan antar prodi melaui MoU – link
  2. Meningkatkan Prestasi mahasiswa melalui beragam pendelegasian dalam bidang akademik dan bakat minat, dibuktikan dengan:
    • Surat Undangan
    • Pendaftaran
    • SPD
    • Materi
    • Foto Kegiatan
    • Aktip dalam hibah kompetitif, dibuktikan dengan rekap data yang disertai Surat Undangan, Proposal yang dikirim, Bukti Registrasi, Hasil

Baca Juga: