Standar 2: Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Dan Penjaminan Mutu

2.1 Tatapamong menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan secara:

2.1.1 Kredibel

  1. Membangun sistem dan struktur tata pamong yang efectif dan efisien, yang dibuktikan dengan SK Sistem dan Struktur Organisasi Prodi yang memuat:
    • Struktur Organisasi – link
    • Tupoksi – link
    • Mekanisme Pengangkatan dan Kualifikasi – link
  2. Mengangkat tata pamong semuai dengan mekanisme dan kualifikasi yang dibuktikan dengan:
    • SK/Pedoman dan Mekanisme Pengangkatan Tata Pamong -link
    • Profil Tata Pamong dibuktikan dengan: SK Pengangkatan Kaprodi, SK Pengangkatan Dosen Prodi, SK Dosen PA – link, SK Dosen Pembimbing Skripsi – link, CV lengkap Dosen – link dan Kaprodi – link
  3. Meningkatkan budaya kerjasama dan melayani yang dibuktikan dengan:
    • SK Budaya dan Etos Kerja Prodi
    • Laporan Sosialisasi Budaya kerja yang disertai ToR, Surat Undangan, Daftar Hadir, Foto Kegiatan

2.1.2  Transparan

  1. Melibatkan seluruh unsure dalam pengambilan kebijakan dan mensosialisasikan secara terbuka, dibuktikan dengan:
    • Papan pengumuman dan mekanisme penginformasian – link
    • Galeri Foto kegiatan
    • Update berita di web – link
    • Rapat-rapat pengambilan kebijakan yang disertai dengan Surat undangan – link, daftar hadir – link dan Foto kegiatan – link
  2. Melaksanakan dan merencanakan kinerja sesuai VMTS dengan target yang terukur, yang dibuktikan:
    • Rencana dan capaian kerja prodi yang sesuai dengan rentra
    • Rencana dan capaian kerja prodi dengan waktu pelaksanaan yang jelas.

2.1.3 Akuntabel

  1. Melaporkan hasil kinerja secara terbuka dan berkala yang dibuktikan dengan:
    • Laporan tahunan Kaprodi
    • Laporan SAKIP AKIP
  2. Memiliki Komitmen dan Integritas yang tinggi yang dibuktikan:
    • Pakta integritas Kaprodi – link
    • Pakta Integritas Dosen Prodi – link
    • Pakta Integritas Tendik – link

2.1.4 Bertanggung jawab

  1. Meningkatkan Mutu Layanan yang dibuktikan dengan:
    • Laporan survey kepuasan layanan akademik
    • Laporan survey kepuasan layanan non akademik

2.1.5 Adil

  1. Membuat dan Melaksanakan seluruh aturan yang disertai reward and punishment yang dibuktikan dengan:
    • Surat Penghargaan –link
    • Pernyataan ketidakpuasan/Teguran/Hukuman -link
    • Piagam/Foto

2.2 Karakteristik kepemimpinan yang efektif

2.2.1  Operasional

  1. Menjabarkan VMTS dalam kerangka Program Kerja Prodi dibuktikan dengan adanya Renop/ Rencana Tahunan Prodi
  2. Menyusun WT yang dinuktikan dengan:
    • ToR
    • SK Tim Perumus (Pimpinan Institut-Fakultas-Prodi, Dosen)
    • Jadwal dan agenda rapat
    • Daftar hadir
    • Notulasi
    • Foto-foto,
    • Draf kasar RIP dan Renstra
    • Mendistribusikan WT

2.2.2 Organisasi

  1. Mengarahkan dan Monitoring pelaksanaan tugas yang dibuktikan dengan Laporan kegiatan persemster yang disertai dengan rekapitulasi

2.2.3 Publik

  1. Mewakili Prodi dalam Oranisasi kemasyarakatan yang di buktikan dengan SK -link1 – link2
  2. Kaprodi dan Dosen Prodi menjadi rujukan bertanya bagi masyarakat yang dibuktikan dengan surat undangan menjadi narasumber – link

2.3 Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup