Menu Tutup

Standar 5 Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik

5.1.1

5.1.1.a  Struktur kurikulum (harus memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya ).-link

  • KKNI-link

5.1.1.b  Orientasi dan kesesuaian kurikulum dengan visi dan misi prodi -link

5.1.2

5.1.2.a Kesesuaian mata kuliah dengan standar kompetensi-link

5.1.2.b Persentase mata kuliah yang dalam penentuan nilai akhirnya memberikan bobot pada tugas-tugas-link

5.1.2.c Matakuliah dilengkapi dengan deskripsi matakuliah, silabus dan SAP-link

  • SAP dan Silabus Kurikulum Prodi–link

5.1.3    Fleksibilitas mata kuliah pilihan-link

  • Substansi praktikum dan pelaksanaan praktikum-link
  • Panduan praktikum-link
  • Laporan praktikum-link

5.2

5.2.a.   Pelaksanaan peninjauan kurikulum selama 5 tahun terakhir-link

  • Laporan redesain kurikulum-link

5.2.b.   Penyesuaian kurikulum dengan perkembangan Ipteks dan kebutuhan-link

5.3.1

5.3.1.a. Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.-link

  • Jurnal Perkuliahan dosen tetap prodi-link
  • SOP Pengendalian Proses Pembelajaran yang isinya-link
  • Perkuliahan dilaksanakan sesuai jadwal, ruang kelas, SAP, dan tata tertib yang tertera di Buku Panduan-link
  • Pada kuliah pertemuan pertama, dosen pengampu diharuskan menjelaskan pelaksanaan perkuliahan, SAP, sistem evaluasi, dan kontrak belajar secara tertulis sesuai dengan formulir kontrak belajar.-link
  • Pada setiap pertemuan kuliah, mahasiswa wajib mengisi daftar hadir kuliah yang diperiksa oleh Kepala Bagian Tata.-link
  • Setiap memberi kuliah, dosen wajib mengisi formulir daftar hadir mengajar dan realisasi SAP yang diperiksa dan diparaf oleh Ketua Program.-link
  • Ketua Program Studi memeriksa realisasi perkuliahan melalui jurnal perkuliahan dan presensi.-link
  • Kepala Bagian Tata Usaha memeriksa daftar hadir kuliah dan memasukkan data kehadiran tersebut ke komputer bersama dengan data kehadiran dosen.-link
  • Laporan UTS/UAS.-link
  • Monev perkuliahan terhadap mahasiswa (75%) Monev perkuliahan terdadap dosen.-link
  • Monev perkuliahan terhadap materi.-link

5.3.1.b Mekanisme penyusunan materi perkuliahan-link

  • SOP Penyusunan Silabi dan SAP-link

5.3.2    Mutu soal ujian-link

  • Soal UTS dan UAS yang sudah di taskhih oleh konsorsium dosen keilmuan prodi-link

5.4.1

5.4.1.a Rata-rata banyaknya mahasiswa per dosen Pembimbing Akademik persemester.-link

  • SK PA-link

5.4.1.b Pelaksanaan kegiatan pembimbingan akademik-link

  • Buku Pedoman PA-link

5.4.1.c Jumlah rata-rata pertemuan pembimbingan akademik per mahasiswa per semester-link

  • Buku Bimbingan PA (minimal 4 kali/semester/mahasiswa)-link

5.4.2    Efektivitas kegiatan pembimbingan akademik-link

  • Monev PA-link

5.5.1

5.5.1.a Ketersediaan panduan skripsi, sosialisasi, dan penggunaan-link

  • Panduan Skripsi-link
  • Laporan Wokshop Penulisan Skripsi

5.5.1.b Rata-rata mahasiswa per dosen pembimbing skripsi-link

  • Rekap bimbingan-link

5.5.1.c Rata-rata jumlah pertemuan/pembimbingan selama penyelesaian 6 bulan (8 kali bimbingan)-link

5.5.1.d Kualifikasi akademik dosen pembimbing skripsi

  • SK Kualifikasi akademik dosen pembimbing skripsi-link

5.5.2    Rata-rata waktu penyelesaian penulisan tugas akhir-link

  • 6 bulan (8 kali bimbingan)-link

5.6 Upaya perbaikan sistem pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga tahun terakhir.-link

  • Upaya perbaikan terkait dengan: Materi Metode IT Pembelajaran Monev-link

5.7.1    Kebijakan tentang suasana akademik Otonomi keilmuan, Kebebasan akademik, Kebebasan mimbar akademik).-link

  • Rekap judul skripsi-link
  • Rekap judul penelitian dosen-link
  • Rekap beragam partisipasi di seminar ilmiah, simposium, konferensi baik yang bertaraf nasional maupun internasional-link
  • Otonomi penuh dalam pengembangan Tridarma dibuktikan dengan BKD-link

5.7.2    Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana yang memungkinkan terciptanya interaksi akademik antara sivitas akademika.-link

  • Foto beragam prasarana prodi (R. Kelas, R. Dosen, R. Perpustakaan, R. Munaqosah dll)-link
  • Foto beragam sarana prodi (wifi, LCD, computer dll)-link

5.7.3    Program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama dll).-link

  • Diskusi Bulanan Konsorsium dosen-link
  • Stadium General: 1 kali/semester-link
  • Seminar nasional: 1 kali/tahun-link
  • Bedah buku: 1 kali/semester-link
  • Riset: 1 kali/semester-link
  • Interaksi akademik antara dosen-mahasiswa.-link
  • Interaksi akademik pada:-link
  • Perkuliahan-link
  • Bimbingan akademik-link
  • Bimbingan PPL-link
  • Bimbingan KKN-link
  • Bimbingan Skripsi-link
  • Seminar Proposal dan Sidang munaqosah-link

5.7.5    Pengembangan perilaku kecendekiawanan.-link

  • Kegiatan penanggulangan kemiskinan-link
  • Pelestarian lingkungan Peningkatan kesejahteraan masyarakat-link
  • Kegiatan penanggulangan masalah ekonomi, politik, sosial, budaya-link

Baca Juga: