Sunnah Nabi saat bangun tidur

Beberapa sunnah Nabi saat bangun tidur

Berikut adalah beberapa sunnah Nabi Muhammad SAW saat bangun tidur:

  1. Membaca doa bangun tidur: Nabi Muhammad SAW biasa membaca doa setelah bangun tidur, di antaranya: “Alhamdulillahi alladzi ahyaana ba’da maa amaatana wa ilaihin nushur” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (tidur) dan kepada-Nya kami kembali).
  2. Membersihkan mulut dan hidung: Nabi Muhammad SAW biasa membersihkan mulut dan hidung dengan air atau dengan menggunakan siwak (batang kecil dari kayu manis) setelah bangun tidur.
  3. Berwudhu: Nabi Muhammad SAW biasa melakukan wudhu (membersihkan diri) setelah bangun tidur sebelum melakukan shalat.
  4. Melakukan shalat: Nabi Muhammad SAW biasa melakukan shalat setelah bangun tidur. Shalat ini disebut shalat Tahajjud dan biasanya dilakukan di malam hari.
  5. Membaca Al-Qur’an: Nabi Muhammad SAW biasa membaca Al-Qur’an setelah bangun tidur. Ini disebut dengan shalat Tahajjud dan biasanya dilakukan di malam hari.
  6. Berdoa: Nabi Muhammad SAW juga biasa berdoa setelah bangun tidur untuk memohon pertolongan dan perlindungan Allah SWT.

Doa Nabi saat bangun tidur

Berikut adalah doa yang biasa dibaca oleh Nabi Muhammad SAW saat bangun tidur:

“Alhamdulillahi alladzi ahyaana ba’da maa amaatana wa ilaihin nushur” (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (tidur) dan kepada-Nya kami kembali).

Doa ini merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW saat bangun tidur. Doa ini mengandung makna bahwa setiap manusia merasa bersyukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kehidupan setelah tidur dan kembali kepada-Nya setelah meninggal dunia. Doa ini juga mengingatkan kita bahwa kehidupan ini hanyalah sementara dan akhirnya akan kembali kepada Allah SWT.