Tips mengatur keuangan saat Haji

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur keuangan saat haji:

  1. Buat rencana anggaran dan tetap patuhi anggaran tersebut, agar tidak terjadi pengeluaran yang tidak terduga atau berlebihan.
  2. Sediakan uang tunai yang cukup untuk kebutuhan selama di Tanah Suci, tetapi jangan lupa untuk menyimpan uang tunai tersebut dengan aman.
  3. Bawa kartu kredit atau kartu debit yang dapat digunakan di luar negeri, sebagai alternatif pembayaran yang aman dan praktis.
  4. Jangan lupa untuk membawa dokumen-dokumen penting, seperti paspor, tiket penerbangan, dan surat-surat yang diperlukan selama di Tanah Suci.
  5. Sebaiknya jangan membawa barang-barang yang tidak terlalu diperlukan atau terlalu berharga, karena dapat menambah beban dan membebani keuangan Anda.
  6. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda memiliki asuransi perjalanan yang mencakup kebutuhan selama di Tanah Suci.
  7. Pastikan untuk membawa obat-obatan yang mungkin dibutuhkan selama di Tanah Suci, agar tidak terjadi keadaan darurat yang membebani keuangan Anda.
  8. Jika memungkinkan, sebaiknya menyewa penginapan atau menggunakan layanan homestay yang lebih terjangkau daripada menyewa hotel bintang lima, agar lebih hemat pengeluaran.

Semoga dengan mengatur keuangan dengan baik, Anda dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan tanpa kendala keuangan.