Bimbingan Pekerjaan

Pengertian Bimbingan

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang pengertian bimbingan karir alangkah baiknya kita terlebih dahulu memahami tentang pengertian dari bimbingan. Pembahasan masalah tidak terlepas dari sudut tinjauan orang yang mengupasnya, hal ini akan menimbulkan perbedaan pendapat dari masing-masing ahli.

Namun dari pengertian masing-masing ahli terdapat hal-hal yang menunjukan segi kesamaan yaitu bahwa bimbingan merupakan pemberian pertolongan, dan pertolongan inilah merupakan hal yang pokok dari suatu bimbingan. Tetapi sekalipun bimbingan itu merupakan pertolongan, namun tidak semua pertolongan merupakan bimbingan.

Dengan pengertian yang lebih mudah dipahami, bahwa bimbingan adalah bantuan atau pertolongan yang diberikan kepada individu atau sekumpulan individu-individu dalam menghindari atau mengatasi kesulitan-kesulitan di dalam kehidupannya, agar individu atau sekumpulan individu-induvidu tersebut dapat mencapai kesejahteraan hidupnya.

Pengertian Bimbingan Pekerjaan

Untuk mendifinisikan bimbingan pekerjaan, akan kami kemukakan beberapa pendapat para ahli.

Hornby (1957) Bimbingan Pekerjaan/Karir adalah bantuan atau pertolongan dari individu/ kelompok satu dengan individu/ kelompok yang lainnya untuk mengatasi permasalahan-permasalahn di dalam kehidupan yang meliputi pekerjaan atau profesi. Seseorang akan bekerja dengan senang hati jikalau pekerjaan tersebut sesuai dengan keadaan  dirinya, sesuai dengan kemampuannya, dan sesuai dengan minatnya.

Dengan demikian dapat dikemukakan  bahwa  prinsip dasar agar seseorang dapat bekerja dengan baik, dengan senang, dengan tekun, diperlukan adanya kesesuaian antara tuntutan dari pekerjaan atau jabatan itu dengan apa yang ada dalam individu yang bersangkutan.

Herr (1979) bimbingan karir/pekerjaan adalah suatu perangkat, lebih tepatnya suatu program yang sistematik, proses, teknik, atau layanan yang dimaksudkan untuk membantu individu memahami dan berbuat atas dasar pengenalan diri dan pengenalan kesempatan-kesempatan dalam pekerjaan, pendidikan, dan waktu luang, serta mengembangkan ketrampilan-ketrampilan mengambil keputusan sehingga yang bersangkutan dapat menciptakan dan mengelola perkembangan karirnya.

Sears (1982) mendefinisikan bimbingan karier sebagai aktivitas-aktivitas dan program-program yang membantu individu mengasimilasi kan dan mengintegrasikan pengetahuan, pengalaman dan apresiasi-apresiasi yang berkaitan dengan:

  1. Pengenalan diri, yang meliputi hubungan seseorang dengan ciri-ciri dan persepsi- persepsinya  sendiri,  serta hubungannya dengan  orang  lain dan  lingkungan.
  2. Pemahaman, pengenalan terhadap kerja masyarakat dan faktor yang mempengaruhi perubahanya, termasuk  sikap-sikap dan disiplin kerja.
  3. Kesadaran akan waktu luang yang bias berperan dalam kehidupan seseorang.
  4. Pemahaman  akan perlunya dan banyaknya  faktor yang harus  dipertimbangkan dalam perencanaan  karier.
  5. Pemahaman terhadap informasi dan ketrampilan-ketrampilan yang diperlukan untuk mencapai pemenuhan diri dalam pekerjaan dan waktu luang.
  6. Mempelajari dan menerapkan  proses pengambilan  dan keputusan  karier.

Berdasarkan beberapa definisi para ahli diatas, maka dapat diperoleh pengertian  bahwa bimbingan karier/ pekerjaan adalah kegiatan bimbingan yang diberikan kepada siswa untuk memilih, menyiapkan diri, mencari, dan menyesuaikan diri terhadap  karier yang  sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya sehingga dapat mengernbangkan dirinya secara optimal sehingga dapat menemukan karier dan melaksanakan karier yang efektif  dan memberi kepuasan dan kelayakan.