Menu Tutup

Ada Apa di Tanggal 22 Oktober 2023?

Tanggal 22 Oktober 2023 adalah hari yang spesial bagi banyak orang di Indonesia dan di dunia. Ada beberapa peristiwa penting yang terjadi atau dirayakan pada tanggal tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang ada di tanggal 22 Oktober 2023:

Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional adalah peringatan resmi yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2015 untuk menghormati jasa dan peran para santri dalam sejarah bangsa. Tanggal 22 Oktober dipilih karena bertepatan dengan peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy’ari pada tahun 1945, yang mengajak para santri untuk berjuang melawan penjajah Belanda.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun ini mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini mengangkat makna jihad sebagai perjuangan intelektual yang penuh semangat dalam melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri sebagai penjaga terdepan dalam pertempuran ini, dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan1.

Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menerbitkan surat edaran tentang panduan pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional 2023. Salah satu kegiatan utama yang dilakukan adalah apel serentak pada tanggal 22 Oktober 2023 mulai pukul 07.00 WIB. Apel berpusat di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Jawa Timur, dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo sebagai inspektur apel1.

Baca Juga:  Apa Tujuan Diadakannya Kurikulum Merdeka?

Selain apel, ada juga berbagai kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh para santri dan masyarakat untuk merayakan Hari Santri Nasional, seperti lomba-lomba, seminar, diskusi, bakti sosial, ziarah, doa bersama, dan lain-lain1.

Pemilihan Umum Federal di Swiss

Pemilihan Umum Federal adalah pemilihan umum yang dilakukan setiap empat tahun sekali di Swiss untuk memilih anggota Dewan Nasional (majelis rendah) dan Dewan Negara (majelis tinggi) dari Parlemen Federal. Pemilihan umum ini merupakan salah satu bentuk demokrasi langsung yang dianut oleh negara Swiss.

Pemilihan Umum Federal tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2023. Pemilih akan memilih 200 anggota Dewan Nasional dari 26 daerah pemilihan yang mewakili kanton-kanton Swiss. Pemilih juga akan memilih 46 anggota Dewan Negara dari dua daerah pemilihan per kanton2.

Pemilihan umum ini akan menentukan komposisi politik Parlemen Federal untuk periode 2023-2027. Parlemen Federal memiliki fungsi legislatif dan pengawasan terhadap pemerintahan federal. Parlemen Federal juga berperan dalam pemilihan anggota Dewan Federal (eksekutif kolektif) dan anggota Mahkamah Agung Federal2.

Hari Dokter Nasional

Hari Dokter Nasional adalah hari peringatan yang ditetapkan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sejak tahun 1950 untuk mengenang jasa dan pengorbanan para dokter dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 22 Oktober dipilih karena bertepatan dengan peristiwa pembunuhan Dr Abdul Latief oleh tentara Belanda pada tahun 1945.

Dr Abdul Latief adalah salah satu dokter pejuang kemerdekaan yang aktif dalam organisasi Pemuda Republik Indonesia (PRI). Ia terlibat dalam pertempuran melawan Belanda di Bandung dan Jakarta. Ia ditangkap oleh Belanda pada tanggal 21 Oktober 1945 dan dieksekusi tanpa pengadilan keesokan harinya3.

Baca Juga:  Prinsip Demokrasi dalam Kegiatan Masyarakat: Sebagai Contoh dari Lingkungan Sekitar

Peringatan Hari Dokter Nasional tahun ini bertema “Dokter Indonesia Berjuang untuk Kesehatan Bangsa”. Tema ini menggambarkan semangat dan dedikasi para dokter dalam menghadapi berbagai tantangan kesehatan di masa pandemi COVID-19. Para dokter berperan sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan, penanganan, dan pencegahan COVID-193.

Selain mengenang para dokter pejuang kemerdekaan, peringatan Hari Dokter Nasional juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, dan perlindungan bagi para dokter. IDI juga mengajak masyarakat untuk menghargai dan mendukung para dokter dalam menjalankan tugasnya3.

Sumber:
(1) Kalender Jawa Oktober 2023 Lengkap dengan Weton dan Penanggalan Hijriah. https://www.kompas.tv/entertainment/448106/kalender-jawa-oktober-2023-lengkap-dengan-weton-dan-penanggalan-hijriah.
(2) kalender bulan oktober tahun 2023 – tanggalan.com. https://tanggalan.com/oktober-2023.
(3) Panduan Peringatan Hari Santri 2023 pada 22 Oktober, Apel … – detikcom. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-6984442/panduan-peringatan-hari-santri-2023-pada-22-oktober-apel-akan-dihadiri-jokowi.
(4) Daftar Hari Besar Oktober 2023, Nasional dan Internasional – Tirto.ID. https://tirto.id/daftar-hari-besar-oktober-2023-gQpL.
(5) Eidgenössische Wahlen 2023 in der Schweiz – ch.ch. https://www.ch.ch/de/wahlen2023/.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: