Menu Tutup

Contoh Koperasi di Indonesia dan di Dunia: Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama1. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berdasar kekeluargaan2. Koperasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan anggota, usaha, dan wilayahnya. Berikut ini adalah beberapa contoh koperasi yang ada di Indonesia dan di dunia:

  • Koperasi pekerja atau koperasi produsen adalah koperasi yang dimiliki dan secara demokratis dikontrol oleh “pekerja-pemiliknya”. Tidak ada pemilik luar dalam koperasi pekerja “murni”, hanya pekerja yang memiliki bagian (saham) kepemilikan bisnis tersebut2. Contoh koperasi pekerja adalah Cloyne Court Hotel, sebuah koperasi di Berkeley, Amerika Serikat, yang menyediakan tempat tinggal bagi mahasiswa Universitas California, Berkeley2.
  • Koperasi konsumen adalah koperasi yang bergerak di bidang pemasaran barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan anggotanya. Koperasi konsumen biasanya menjual barang-barang kebutuhan pokok, sembako, bahan bakar, dan lain-lain dengan harga yang lebih murah daripada pasar1. Contoh koperasi konsumen adalah The Co-operative Group, sebuah koperasi yang beroperasi di Inggris dan Wales, yang menyediakan berbagai layanan seperti ritel, perbankan, asuransi, dan farmasi2.
  • Koperasi jasa adalah koperasi yang menyediakan jasa-jasa tertentu kepada anggotanya, seperti kesehatan, pendidikan, transportasi, pariwisata, dan lain-lain1. Koperasi jasa biasanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan anggotanya1. Contoh koperasi jasa adalah [Koperasi Peternak Bandung Selatan Pangalengan], sebuah koperasi yang bergerak di bidang peternakan sapi perah dan pengolahan susu di Jawa Barat2.
  • Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang perbankan, yaitu menyediakan fasilitas simpanan dan pinjaman kepada anggotanya dengan bunga yang rendah dan syarat yang mudah1. Koperasi simpan pinjam biasanya bertujuan untuk membantu anggotanya dalam mengatasi masalah keuangan dan meningkatkan modal usaha1. Contoh koperasi simpan pinjam adalah [Koperasi Simpan Pinjam Mitra Usaha Kecil (KSP MUK)], sebuah koperasi yang berfokus pada pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia.
Baca Juga:  Pengertian Ilmu Sosial, Cabang-Cabangnya dan Manfaatnya

Itulah beberapa contoh koperasi yang ada di Indonesia dan di dunia. Koperasi merupakan salah satu bentuk usaha bersama yang berlandaskan prinsip-prinsip koperasi, seperti keanggotaan yang sukarela, pengelolaan yang demokratis, pembagian sisa hasil usaha yang adil, dan kerjasama antar koperasi2. Dengan demikian, koperasi dapat memberikan manfaat bagi anggotanya dan masyarakat luas.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: