Menu Tutup

Fungsi Uang dalam Kehidupan Ekonomi: Asli dan Turunan

Uang adalah salah satu penemuan paling penting dalam sejarah manusia. Uang memungkinkan kita untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa tanpa harus melakukan barter atau tukar-menukar barang secara langsung. Uang juga memudahkan kita untuk menyimpan kekayaan, mengukur nilai, dan membayar hutang. Uang memiliki berbagai fungsi yang dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.

Fungsi Asli Uang

Fungsi asli uang adalah fungsi yang melekat pada uang sejak awal diciptakannya. Fungsi asli uang terdiri dari tiga hal, yaitu:

  • Sebagai alat tukar umum (medium of exchange). Uang berfungsi sebagai alat untuk mempermudah pertukaran antara uang dengan barang atau jasa. Dengan menggunakan uang, kita tidak perlu mencari orang yang mau menukar barang yang kita miliki dengan barang yang kita inginkan. Kita cukup menukarkan barang yang kita miliki dengan uang, lalu menggunakan uang tersebut untuk membeli barang yang kita inginkan. Contohnya, jika kita ingin membeli buku, kita tidak perlu mencari orang yang mau menukar buku dengan beras atau gula. Kita cukup membayar uang sejumlah harga buku tersebut kepada penjual1.
  • Sebagai satuan hitung (unit of account). Uang berfungsi sebagai alat untuk menentukan nilai atau harga dari sebuah barang atau jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besaran kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Dengan menggunakan uang, kita dapat membandingkan nilai dari berbagai barang atau jasa yang berbeda-beda. Kita juga dapat mengetahui berapa banyak kekayaan yang kita miliki atau berapa banyak hutang yang harus kita bayar. Contohnya, jika kita ingin membeli laptop, kita dapat mengetahui harga laptop tersebut dengan melihat uang yang ditulis di labelnya. Kita juga dapat mengetahui berapa banyak uang yang harus kita bayar jika kita meminjam laptop tersebut dari teman1.
  • Sebagai penyimpan nilai (store of value). Uang berfungsi sebagai alat untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang. Ketika kita menerima uang sebagai pembayaran atas barang atau jasa yang kita jual, kita dapat menyimpan uang tersebut untuk digunakan membeli barang atau jasa pada masa mendatang. Dengan menyimpan uang, kita dapat menjaga nilai kekayaan kita agar tidak berkurang akibat inflasi atau penurunan daya beli uang. Contohnya, jika kita memiliki uang sebesar Rp 10 juta, kita dapat menyimpannya di bank atau di rumah untuk digunakan di masa depan1.
Baca Juga:  Latar Belakang Terjadinya Kemiskinan

Fungsi Turunan Uang

Fungsi turunan uang adalah fungsi yang muncul selain dari fungsi asli uang. Fungsi turunan uang terdiri dari empat hal, yaitu:

  • Sebagai alat pembayaran (means of payment). Uang berfungsi sebagai alat untuk membayar kewajiban-kewajiban yang timbul dari transaksi ekonomi, seperti pajak, iuran, denda, gaji, bunga, dan sebagainya. Dengan menggunakan uang, kita dapat melunasi kewajiban-kewajiban tersebut tanpa harus memberikan barang atau jasa sebagai gantinya. Contohnya, jika kita memiliki utang kepada bank sebesar Rp 5 juta, kita dapat membayar utang tersebut dengan menggunakan uang tunai atau transfer2.
  • Sebagai penunjuk harga (standard of value). Uang berfungsi sebagai alat untuk menunjukkan harga relatif dari berbagai barang atau jasa yang ada di pasar. Dengan menggunakan uang, kita dapat mengetahui berapa banyak uang yang harus kita keluarkan untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu. Kita juga dapat mengetahui apakah barang atau jasa tersebut mahal atau murah dibandingkan dengan barang atau jasa lainnya. Contohnya, jika harga jeruk 1 kg adalah Rp 8.000 dan harga apel 1 kg adalah Rp 9.000, kita dapat mengetahui bahwa apel lebih mahal daripada jeruk2.
  • Sebagai alat pembayaran utang (standard for deferred payment). Uang berfungsi sebagai alat untuk menentukan besaran pembayaran yang harus dilakukan pada masa mendatang akibat adanya perjanjian atau kontrak yang dibuat pada masa sekarang. Dengan menggunakan uang, kita dapat menetapkan berapa banyak uang yang harus kita bayar atau terima pada masa depan sebagai akibat dari transaksi yang kita lakukan pada masa sekarang. Contohnya, jika kita membeli rumah dengan kredit, kita dapat mengetahui berapa banyak uang yang harus kita bayar setiap bulannya kepada bank selama jangka waktu tertentu2.
  • Sebagai alat penimbun kekayaan (store of wealth). Uang berfungsi sebagai alat untuk menyimpan kekayaan dalam bentuk yang mudah diubah menjadi barang atau jasa lainnya. Dengan menggunakan uang, kita dapat mengubah kekayaan kita dari bentuk barang atau jasa menjadi bentuk uang, atau sebaliknya, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Contohnya, jika kita memiliki tanah yang luas, kita dapat menjual tanah tersebut dan mendapatkan uang. Kita dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli barang atau jasa lainnya, atau menyimpannya di bank atau investasi2.
Baca Juga:  Tokoh-tokoh Batik Indonesia yang Berjasa dalam Melestarikan Warisan Budaya

Kesimpulan

Uang memiliki berbagai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi. Fungsi uang dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi asli uang adalah fungsi yang melekat pada uang sejak awal diciptakannya, yaitu sebagai alat tukar umum, satuan hitung, dan penyimpan nilai. Fungsi turunan uang adalah fungsi yang muncul selain dari fungsi asli uang, yaitu sebagai alat pembayaran, penunjuk harga, alat pembayaran utang, dan alat penimbun kekayaan. Dengan memahami fungsi-fungsi uang ini, kita dapat menggunakan uang dengan lebih bijak dan efisien dalam aktivitas ekonomi kita.

Sumber:
(1) Pengertian Fungsi, Jenis, dan Syarat Uang – Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-fungsi-jenis-dan-syarat-uang.
(2) 8+ Fungsi Uang (Asli & Turunan) Beserta Contoh dan Penjelasannya. https://www.haruspintar.com/fungsi-uang/.
(3) Pengertian Fungsi, Jenis, dan Syarat Uang – Ruangguru. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-fungsi-jenis-dan-syarat-uang.
(4) 8+ Fungsi Uang (Asli & Turunan) Beserta Contoh dan Penjelasannya. https://www.haruspintar.com/fungsi-uang/.
(5) Fungsi Uang. https://fungsi.co.id/fungsi-uang/.
(6) Kunci Jawaban IPAS Kelas 4 Halaman 185 Kurikulum Merdeka: Fungsi Uang. https://www.tribunnews.com/pendidikan/2023/08/03/kunci-jawaban-ipas-kelas-4-halaman-185-kurikulum-merdeka-fungsi-uang.
(7) 6 Fungsi Kebijakan Fiskal dan Contohnya dalam Perekonomian Indonesia. https://kumparan.com/ragam-info/6-fungsi-kebijakan-fiskal-dan-contohnya-dalam-perekonomian-indonesia-20ukIcjA7Lc.
(8) Baru Tahu Uang SWDKLLJ di STNK Bisa Cair Sampai Rp 50 Juta Ketahui Persyaratannya. https://www.msn.com/id-id/berita/other/baru-tahu-uang-swdkllj-di-stnk-bisa-cair-sampai-rp-50-juta-ketahui-persyaratannya/ar-AA1eIo5W.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: