Perundingan Inter Indonesia: Latar Belakang, Tujuan, dan Hasil

Perundingan inter Indonesia adalah perundingan yang terjadi antara pemerintah Republik Indonesia dengan Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO) atau Pertemuan Musyawarah Federal (PMF). Perundingan ini diadakan dengan tujuan menyamakan visi menghadapi Belanda menjelang diselenggarakannya Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda pada tahun 1949. Perundingan ini merupakan salah satu upaya diplomasi Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Latar Belakang Perundingan Inter Indonesia

Latar belakang perundingan inter Indonesia adalah adanya perjanjian Roem-Royen yang ditandatangani oleh Mohammad Roem dari pihak Indonesia dan H.J. van Royen dari pihak Belanda pada 7 Mei 1949. Perjanjian ini berisi tentang penghentian permusuhan, pembebasan tawanan politik, pengembalian wilayah Republik Indonesia, dan penyelenggaraan KMB1.

Salah satu syarat untuk mengikuti KMB adalah adanya persetujuan antara pemerintah Republik Indonesia dan BFO, yaitu badan yang terdiri dari negara-negara bagian bentukan Belanda seperti Negara Indonesia Timur, Negara Pasundan, Negara Sumatera Timur, dan lain-lain. BFO dibentuk oleh Belanda sebagai bagian dari politik devide et impera untuk memecah belah persatuan Indonesia2.

Namun, setelah Agresi Militer Belanda II pada Desember 1948 yang berhasil merebut ibu kota Republik Indonesia di Yogyakarta dan menangkap Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, banyak negara-negara bagian yang bersimpati dengan perjuangan Republik Indonesia. Mereka menyadari bahwa Belanda tidak berniat memberikan kemerdekaan kepada Indonesia, melainkan hanya ingin menjajah kembali dengan cara lain3.

Tujuan Perundingan Inter Indonesia

Tujuan perundingan inter Indonesia adalah untuk menyamakan pandangan dan sikap antara pemerintah Republik Indonesia dan BFO dalam menghadapi Belanda dalam KMB. Perundingan ini juga bertujuan untuk membentuk suatu negara serikat yang berdasarkan asas demokrasi dan mengakui kedaulatan Republik Indonesia sebagai negara pusat4.

Perundingan inter Indonesia juga dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dari perjanjian Roem-Royen agar Indonesia dapat menerima pengakuan kedaulatan dari Belanda. Selain itu, perundingan ini juga diharapkan dapat menguatkan posisi tawar Indonesia dalam KMB dan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah bangsa yang bersatu dan berdaulat5.

Hasil Perundingan Inter Indonesia

Perundingan inter Indonesia dilaksanakan sebanyak dua kali. Yang pertama dilakukan pada 19-22 Juli 1949 di Hotel Tugu Yogyakarta, yang dipimpin oleh Mohammad Hatta sebagai perdana menteri Republik Indonesia. Yang kedua dilakukan pada 31 Juli-3 Agustus 1949 di Jakarta, yang juga dipimpin oleh Mohammad Hatta.

Hasil dari perundingan inter Indonesia I adalah sebagai berikut:

  • RIS akan melaksanakan pemerintahan berdasarkan asas demokrasi dalam bentuk negara federal.
  • RIS akan dikepalai oleh seorang presiden konstitusional dan dibantu oleh menteri-menteri. Presiden dan menteri akan bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat (legislatif).
  • Pembentukan dua badan legislatif yaitu Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Negara Bagian.
  • Angkatan Perang RIS adalah angkatan perang nasional yang terdiri dari TNI, KNIL, ML (Militaire Luchtvaart) dan VB (Veileigheids Batalyon).

Hasil dari perundingan inter Indonesia II adalah sebagai berikut:

  • Pembentukan RIS yang terdiri dari 16 negara bagian, yaitu Republik Indonesia, Negara Indonesia Timur, Negara Sumatera Timur, Negara Sumatera Selatan, Negara Sumatera Tengah, Negara Jawa Barat, Negara Jawa Tengah, Negara Jawa Timur, Negara Madura, Negara Kalimantan Barat, Negara Kalimantan Tengah, Negara Kalimantan Selatan, Negara Kalimantan Timur, Negara Sulawesi Selatan, Negara Sulawesi Utara, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Pembentukan pemerintahan sementara RIS yang akan berlaku sampai dengan pemilihan umum pertama. Pemerintahan sementara RIS akan dikepalai oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Kabinet sementara RIS akan terdiri dari 16 menteri yang berasal dari berbagai negara bagian.
  • Pembentukan panitia persiapan KMB yang akan mewakili RIS dalam KMB. Panitia ini akan dipimpin oleh Mohammad Hatta dan beranggotakan 28 orang yang berasal dari berbagai negara bagian.

Kesimpulan

Perundingan inter Indonesia adalah perundingan yang penting dalam sejarah perjuangan diplomasi Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan. Perundingan ini berhasil menyatukan visi dan sikap antara pemerintah Republik Indonesia dan BFO dalam menghadapi Belanda dalam KMB. Perundingan ini juga berhasil membentuk RIS sebagai bentuk negara serikat yang mengakui kedaulatan Republik Indonesia sebagai negara pusat. Perundingan ini merupakan langkah awal menuju pengakuan kedaulatan Indonesia secara penuh dan resmi oleh Belanda pada 27 Desember 1949.

Sumber:
(1) Latar Belakang dan Hasil Konferensi Inter Indonesia – Materi Sejarah …. https://www.zenius.net/blog/latar-belakang-dan-hasil-konferensi-inter-indonesia.
(2) Konferensi Inter-Indonesia – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/10/154046869/konferensi-inter-indonesia.
(3) Konferensi Inter Indonesia: Latar Belakang – Haloedukasi. https://haloedukasi.com/konferensi-inter-indonesia.
(4) Latar Belakang dan Hasil Konferensi Meja Bundar – Materi Sejarah Kelas 11. https://www.zenius.net/blog/konferensi-meja-bundar.
(5) Konferensi Inter-Indonesia (Isi Hasil Keputusan Konferensi Inter …. http://www.guruips.com/2016/11/konferensi-inter-indonesia-isi-hasil.html.
(6) Latar Belakang dan Hasil Konferensi Inter Indonesia – Materi Sejarah …. https://www.zenius.net/blog/latar-belakang-dan-hasil-konferensi-inter-indonesia.
(7) Konferensi Inter-Indonesia – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/10/154046869/konferensi-inter-indonesia.
(8) Konferensi Inter Indonesia: Latar Belakang – Haloedukasi. https://haloedukasi.com/konferensi-inter-indonesia.
(9) Latar Belakang dan Hasil Konferensi Meja Bundar – Materi Sejarah Kelas 11. https://www.zenius.net/blog/konferensi-meja-bundar.
(10) Konferensi Inter-Indonesia (Isi Hasil Keputusan Konferensi Inter …. http://www.guruips.com/2016/11/konferensi-inter-indonesia-isi-hasil.html.