Menu Tutup

Sifat-Sifat Stratifikasi Sosial

Stratifikasi sosial adalah penggolongan masyarakat ke dalam kelas yang bisa disusun secara bertingkat. Stratifikasi sosial disebut juga lapisan antar masyarakat. Kata stratifikasi berasal dari stratum yang artinya lapisan, sedangkan sosial bermakna masyarakat1.

Stratifikasi sosial terbentuk karena adanya perbedaan antara anggota masyarakat dalam hal kekuasaan, kekayaan, kehormatan, ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Perbedaan ini mencerminkan status sosial yang dimiliki oleh setiap individu atau kelompok2.

Berdasarkan sifatnya, stratifikasi sosial dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

Stratifikasi Sosial Terbuka

Stratifikasi sosial terbuka adalah jenis stratifikasi yang memberikan kesempatan kepada setiap anggota masyarakat untuk berpindah dari satu kelas ke kelas lainnya. Perpindahan ini dapat terjadi karena adanya usaha, prestasi, pendidikan, atau faktor lain yang dapat meningkatkan status sosial seseorang3.

Contoh stratifikasi sosial terbuka adalah di Amerika Serikat, di mana seseorang dapat menjadi kaya atau miskin karena usahanya sendiri. Tidak ada batasan atau hambatan yang menghalangi seseorang untuk naik atau turun kelas sosial4.

Stratifikasi Sosial Tertutup

Stratifikasi sosial tertutup adalah jenis stratifikasi yang tidak memberikan kesempatan kepada setiap anggota masyarakat untuk berpindah dari satu kelas ke kelas lainnya. Perpindahan ini tidak dapat terjadi karena adanya ketentuan, tradisi, atau hukum yang mengikat status sosial seseorang sejak lahir3.

Contoh stratifikasi sosial tertutup adalah di India, di mana seseorang harus mengikuti sistem kasta yang telah ditentukan oleh leluhurnya. Tidak ada cara untuk keluar atau masuk ke kasta lain, bahkan jika seseorang memiliki prestasi, pendidikan, atau kekayaan yang tinggi5.

Baca Juga:  Ruang Lingkup Psikologi Sosial

Stratifikasi Sosial Campuran

Stratifikasi sosial campuran adalah jenis stratifikasi yang merupakan gabungan dari stratifikasi terbuka dan tertutup. Artinya, ada beberapa faktor yang dapat memungkinkan seseorang untuk berpindah kelas sosial, tetapi ada juga beberapa faktor yang tidak dapat diubah atau ditentang3.

Contoh stratifikasi sosial campuran adalah di Indonesia, di mana seseorang dapat naik atau turun kelas sosial karena pendidikan, pekerjaan, perkawinan, atau faktor lain. Namun, ada juga beberapa hal yang masih mempengaruhi status sosial seseorang, seperti keturunan, agama, suku, atau ras6.

Sumber:
(1) Pengertian Stratifikasi Sosial dan Jenis-jenisnya – Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/23/090000169/pengertian-stratifikasi-sosial-dan-jenis-jenisnya.
(2) Stratifikasi Sosial: Pengertian, Fungsi, Sifat, hingga Faktor Pembentuk. https://www.gramedia.com/literasi/stratifikasi-sosial/.
(3) Stratifikasi Sosial: Pengertian, Faktor Pembentuk, Fungsi, dan …. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-stratifikasi-sosial/.
(4) Stratifikasi Sosial – Pengertian, Fungsi, Sifat dan Contoh. https://www.dosenpendidikan.co.id/stratifikasi-sosial/.
(5) Sifat Stratifikasi Sosial pada Masyarakat yang Menganut Sistem Kasta. https://kumparan.com/berita-terkini/sifat-stratifikasi-sosial-pada-masyarakat-yang-menganut-sistem-kasta-20rpiy6t1Xy.
(6) 3 Sifat-Sifat Stratifikasi Sosial Berserta Contohnya. https://materiips.com/sifat-sifat-stratifikasi-sosial.
(7) Ini Pengertian Stratifikasi Sosial: Bentuk, Sifat, dan Fungsinya. https://mediaindonesia.com/humaniora/533510/ini-pengertian-stratifikasi-sosial-bentuk-sifat-dan-fungsinya.
(8) Getty Images. https://www.gettyimages.com/detail/illustration/social-stratification-with-money-royalty-free-illustration/648676612.

Posted in Ragam

Artikel Terkait: