Menu Tutup

Tugas Anggota Koperasi: Dari Menjadi Anggota hingga Mengajukan Usulan

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh anggotanya untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi bersama1. Anggota koperasi adalah orang-orang yang secara sukarela dan terbuka bergabung dalam koperasi dengan memenuhi persyaratan anggota tanpa diskriminasi2. Anggota koperasi memiliki hak dan kewajiban yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) koperasi serta keputusan rapat anggota2. Tugas anggota koperasi adalah sebagai berikut:

Menjadi anggota koperasi

Tugas pertama dan utama anggota koperasi adalah menjadi anggota koperasi yang baik dan aktif. Anggota koperasi harus mematuhi AD/ART koperasi, mengikuti kegiatan koperasi, dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan2. Anggota koperasi juga harus membayar simpanan pokok dan simpanan wajib sesuai ketentuan koperasi3.

Mengikuti kegiatan rapat anggota

Rapat anggota adalah forum tertinggi dalam koperasi yang berwenang menetapkan kebijakan umum, memilih dan memberhentikan pengurus dan pengawas, serta mengevaluasi kinerja koperasi4. Tugas anggota koperasi adalah menghadiri, menyatakan pendapat, dan memberikan suara dalam rapat anggota2. Rapat anggota biasanya diadakan setahun sekali atau sesuai kebutuhan koperasi4.

Memberikan saran dan masukan pada rapat anggota

Anggota koperasi tidak hanya berhak mengemukakan pendapat atau saran kepada pengurus di luar rapat anggota, tetapi juga pada saat rapat anggota berlangsung2. Tugas anggota koperasi adalah memberikan saran dan masukan yang konstruktif dan relevan untuk kemajuan koperasi. Saran dan masukan anggota koperasi dapat berupa kritik, usulan, pertanyaan, atau tanggapan terhadap laporan pengurus atau pengawas.

Baca Juga:  Kerjasama Ekonomi Internasional: Pengertian, Tujuan, Bentuk, dan Contoh

Menyalurkan simpanan wajib dan pokok

Simpanan pokok adalah simpanan yang harus dibayarkan oleh anggota koperasi pada saat menjadi anggota koperasi. Simpanan pokok menunjukkan kepemilikan anggota koperasi terhadap koperasi dan menjadi dasar perhitungan bagi hasil. Simpanan wajib adalah simpanan yang harus dibayarkan oleh anggota koperasi secara berkala sesuai ketentuan koperasi. Simpanan wajib bertujuan untuk meningkatkan modal koperasi dan menumbuhkan rasa tanggung jawab anggota koperasi. Tugas anggota koperasi adalah menyalurkan simpanan wajib dan pokok secara tepat waktu dan sesuai jumlah yang ditetapkan3.

Menggunakan produk dan jasa koperasi

Koperasi menyelenggarakan usaha yang berorientasi pada kepentingan anggota koperasi1. Koperasi dapat menyediakan produk dan jasa yang berkaitan dengan simpan pinjam, perdagangan, pertanian, perikanan, industri, jasa, dan lain-lain. Tugas anggota koperasi adalah menggunakan produk dan jasa koperasi sesuai kebutuhan dan kemampuan3. Dengan menggunakan produk dan jasa koperasi, anggota koperasi dapat menikmati manfaat dan pelayanan koperasi, serta mendukung keberlangsungan usaha koperasi3.

Mendukung program-program koperasi

Koperasi tidak hanya bergerak di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang sosial, pendidikan, dan kesejahteraan1. Koperasi dapat menyelenggarakan program-program yang bermanfaat bagi anggota koperasi dan masyarakat sekitar, seperti bantuan sosial, pelatihan, bimbingan, kesehatan, lingkungan, dan lain-lain. Tugas anggota koperasi adalah mendukung program-program koperasi dengan cara berpartisipasi, berkontribusi, atau bersinergi sesuai kemampuan dan kesempatan3.

Baca Juga:  Fungsi Koperasi Bagi Masyarakat

Mengajukan usulan untuk kepentingan koperasi

Anggota koperasi memiliki hak untuk meminta diadakan rapat anggota menurut ketentuan dalam AD/ART koperasi2. Tugas anggota koperasi adalah mengajukan usulan untuk kepentingan koperasi jika dirasa perlu dan mendesak3. Usulan anggota koperasi dapat berupa permohonan, pengaduan, tuntutan, atau saran yang berkaitan dengan kegiatan koperasi. Usulan anggota koperasi harus disampaikan secara tertulis dan ditujukan kepada pengurus atau pengawas koperasi.

Sumber:
(1) Tugas Dan Tanggung Jawab Pengurus Anggota Koperasi. https://programkoperasi.com/
(2) Hak dan Kewajiban Anggota Koperasi – Kompas.com. https://www.kompas.com/
(3) Tugas Anggota Koperasi: Menunjang Keberlangsungan Koperasi. https://ekasulistiyana.web.id

Posted in Ragam

Artikel Terkait: