Bukti Adanya Allah

Menurut ImamAbu Hanafiah membuktikan kekuasaan Allah dengan adanya bermacam-macam ragam kehendak manusia, tetapi kadang-kadang kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang direncanakan. Hal ini membuktikan adanya kekuasaan yang Maha Tinggi, yang menguasai diri kita.

Imam Malik membuktikan kekuasaan Allah dengan adanya manusia yang beragam-ragam bentuk, rupa, kulit, suara, kemauan dan lain-lain. Namun tidak ada yang serupa. Kalau dipikirkan tentu ada yang mengaturnya diluar bataskemauan manusia, yaitu Zat Yang Maha Kuasa, yakni Allah SWT.

Imam Syafi,i membuktikan kekuasaan Allah dengan memperhatikan dari sebuah jenis daun tumbuh-tumbuhan yang dapat berubah menjadibermacam-macam benda, umpamanya: apabila daun dimakan oleh ulat sutera, maka akan menjadi bahan kain yang halus (sutera) yang indah dipakai. Kalu dan tadi dimakan oleh seekor sapi/lembu, maka ia akan menjadi susu yang paling enak diminum dan paling besar manfaatnya untuk kesehatan kita.

Imam Hambali membuktikan ada Zat yang Maha Kuasa itu dengan kejadian makhluk-makhluk terutama manusia, yang asalnya dari setitik sperma, akhirnya setelah mengalami proses yang ditentukan, maka jadilah manusia yang sempurna. Sehubung dengan hal itu, Hamka mengemukakan beberapa argument/dalil yang dapat membuktikan eksistensi Tuhan.

Referensi:

Ali Riyadi Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, 2010, Yogyakarta:Teras.

Bakhtiar Amsal, Filsafat Agama Wisata Pemikiran dan Kepercayaan Manusia, 2007. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syarif Iberani Jamal, Mengenal Islam, 2003. Jakarta: El-Kahfi.

Suharto Toto, Filsafat Pendidikan Islam, 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Trueblood David, Philosophy Of Religion Filsafat Agama, 1987, Jakarta: PT Bulan Bintang