Cara Mencegah perilaku tercela dalam pergaulan remaja

Meningkatkan kadar iman dan amal sholeh

Menaruh kepercayaan secara tulus kepada Allah menjadikan manusia sebagai sosok insan yang memiliki visi dalam hidup. Dimana visi ini selalu akan diperjuang- kannya dengan segenap usaha dan kerja keras sebagai rasa kepeduliannya terhadap kemaslahatan semua orang yang ada disekitarnya.

Meningkatkan kualitas ahlak dan etika bergaul

Manusia adalah mahluk yang tidak bisa hidup menyendiri atau terisolasi dari kehidupan sosial. Manusia mutlak membutuhkan satu sama lainnya untuk survive (bertahan hidup). Dan dalam hukum interaksi sosial, manusia yang paling bisa sur- vive dan meraih kebahagiaan sesungguhnya adalah manusia yang mampu menem- patkan dirinya secara bijak dan proporsional sesuai dengan tuntunan etika serta ahlak yang baik.

Mengatur waktu dengan baik

Al-Qur’an mengecam   secara   tegas orang-orang yang mengisi waktunya den- gan bermain tanpa tujuan tertentu seperti kanak-kanak. Atau melengahkan ses- uatu yang lebih penting seperti sebagian remaja, sekadar mengisinya dengan mengkonsumsi minuman keras, Narkoba, malas, dan sebagainya. Agar hidup remaja mempunyai nilai dan manfaat, Al-Qur’an memberi petunjuk untuk memanfaatkan waktu dengan sistem manajemen yang dapat dukur dengan standar pencapaian sesuai dengan kapasitas diri, bahkan dituntunnya umat remaja untuk mengisi se- luruh waktunya dengan berbagai amal dengan mempergunakan semua daya yang dimilikinya.