Menu Tutup

Cara Tayamum di Pesawat

Tayamum adalah salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang Muslim untuk membersihkan diri dari hadats (najis) atau untuk melaksanakan salat (shalat) jika tidak memungkinkan untuk membasuh wajah, tangan, dan kaki dengan air. Berikut ini adalah cara tayamum di pesawat:

  1. Tempelkan kedua telapak tangan pada kursi di depan kamu atau dinding pesawat.
  2. Ucapkan basmalah lalu letakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan.
  3. Lalu usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah disertai dengan niat dalam hati, salah satunya dengan bacaan niat tayamum berikut: Nawaitu tayammuma lisstibaahatish shalaati fardlol lillaahi ta’aalaa. Artinya: Aku niat melakukan tayamum agar dapat mengerjakan shalat, fardlu karena Allah ta ‘ala.
  4. Tempelkan kembali kedua telapak tangan pada kursi di depan atau dinding pesawat yang berlum tersentuh.
  5. Usap rata tangan kanan dengan telapak tangan kiri, begitu juga sebaliknya dengan tangan kiri.
  6. Letakkan kembali telapak tangan pada debu. Kali ini jari-jari direnggangkan serta cincin yang ada pada jari (jika ada) dilepaskan sementara.
  7. Kemudian tempelkan telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan, sekiranya ujung-ujung jari dari salah satu tangan tidak melebihi ujung jari telunjuk dari tangan yang lain.
  8. Usapkan telapak tangan kiri ke punggung lengan kanan sampai ke bagian siku. Lalu, balikkan telapak tangan kiri tersebut ke bagian dalam lengan kanan, kemudian usapkan hingga ke bagian pergelangan.
  9. Usapkan bagian dalam jempol kiri ke bagian punggung jempol kanan. Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada tangan kiri.
  10. Terakhir, pertemukan kedua telapak tangan dan usap-usapkan di antara jari-jarinya.

Catatan: Jika tidak memungkinkan untuk melakukan tayamum di pesawat, maka Anda dapat menunda shalat sampai Anda tiba di tujuan dan memiliki akses air atau tempat tayamum yang layak.

Baca Juga: