Menu Tutup

Danau Way Jepara: Wisata Eksotis di Lampung Timur

Danau Way Jepara adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Lampung Timur. Danau ini bukanlah danau alami, melainkan hasil dari irigasi yang dibangun untuk mengairi lahan pertanian di sekitarnya. Namun, hal itu tidak mengurangi keindahan dan keasrian danau ini, yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dan pemandangan alam yang menawan.

Keindahan dan Keistimewaan Danau Way Jepara

Salah satu keindahan dan keistimewaan danau Way Jepara adalah pohon unik yang tumbuh di tepi danau. Pohon ini memiliki dahan yang melengkung ke arah air, seolah-olah ingin menyentuh permukaan danau. Pohon ini menjadi salah satu spot favorit para pengunjung untuk berfoto atau bersantai.

Selain itu, danau Way Jepara juga menawarkan pemandangan matahari tenggelam yang spektakuler. Saat sore hari, langit di atas danau berubah warna menjadi jingga, merah, atau ungu, menciptakan suasana yang romantis dan damai. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menikmati momen ini bersama pasangan, keluarga, atau teman.

Aktivitas Menarik di Danau Way Jepara

Bagi Anda yang suka beraktivitas di alam terbuka, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di danau Way Jepara. Salah satunya adalah memancing. Danau ini memiliki banyak jenis ikan, baik ikan lokal maupun ikan hias. Anda bisa memancing di pinggir danau atau menyewa perahu untuk mencari spot memancing terbaik.

Selain memancing, Anda juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu. Perahu-perahu ini biasanya milik warga setempat yang juga menggunakan perahu untuk mencari ikan. Anda bisa menyewa perahu dengan harga terjangkau dan menikmati pemandangan danau dari sudut pandang yang berbeda.

Fasilitas Wisata di Danau Way Jepara

Meskipun belum terlalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah, danau Way Jepara sudah memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai. Di sekitar danau, Anda bisa menemukan warung-warung yang menjual makanan dan minuman ringan, toilet umum, tempat parkir kendaraan, gazebo-gazebo untuk beristirahat, serta tempat sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Lokasi dan Rute Menuju Danau Way Jepara

Danau Way Jepara berada di Desa Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur. Jaraknya sekitar 48 km dari kota Sukadana atau 87 km dari kota Bandar Lampung. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum untuk menuju ke sini.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Bandar Lampung, Anda bisa mengambil rute menuju Taman Nasional Way Kambas. Setelah melewati pintu masuk taman nasional tersebut, Anda bisa belok kanan menuju Desa Kecamatan Way Jepara. Ikuti saja petunjuk arah yang ada di sepanjang jalan.

Jika Anda menggunakan angkutan umum dari Bandar Lampung, Anda bisa naik bus jurusan Metro-Sukadana. Turunlah di Terminal Sukadana dan lanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau angkot menuju Desa Kecamatan Way Jepara.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Danau Way Jepara

Untuk masuk ke kawasan danau Way Jepara, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Namun, Anda harus membayar biaya biaya parkir kendaraan jika Anda membawa mobil atau motor. Biaya parkirnya sekitar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Danau Way Jepara buka setiap hari, mulai dari pagi hingga sore hari. Anda bisa datang kapan saja sesuai dengan keinginan Anda. Namun, jika Anda ingin melihat pemandangan matahari tenggelam, sebaiknya datang sebelum pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: