Geopolitik dan Geostrategi

GEOPOLITIK

Asal istilah

Istilah geopolitik semula diartikan oleh Frederich Ratzel ( 1844-1904) sebagai ilmu bumi politik.kemudian dikembangkan dan diperluas oleh sarjana ilmu politik swedia, Rudolf Kjellen ( 1864 – 1922 ) dan karl  Haushofer (1869 – 1964 ).

Pandangan Ratzel

Frederich Ratzel pada akhir abad ke-19 mengembangkan kajian geografi politik dengan dasar pandangan bahwa Negara adalah mirip organisme hidup.Negara adalah ruang yang ditempati oleh kelompok masyarakat politik (bangsa). Bangasa dan Negara terikat oleh hokum alam. Jika bangsa bangsa dan Negara ingin tetap eksis dan berkembang, maka harus dilakukan pemekaran ( ekspansi)

Pandangan Haushofer

Inti dari pandanganya ialah:

  1. suatu bangsa dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya tidak lepas dari hokum alam. Hanya bangsa unggul saja yang dapat berkembang.
  2. kekuasaan imperium daratan yang kompak akan mengejar kekuasaan imperium maritime unutk menguasai pengawasan di lautan.
  3. beberapa Negara besar di dunia akan tim-dan kan menguasai Eropo, Afrika, dan Asia Barat ( yakni Jerman dan Italia ). Sementara Jepang akan menguasai asia timur raya.
  4. Geopolitik dirumuskan sebagai perbatasan. Geopolitik adalah landasan hidup dan mendapatkan ruang hidupnya.

Geopolitik Bangsa Indonesia

Dalam hubungan internasional, bangsa Indonesia berpijak pada paham kebangsaan ( nasionalisme ) yang membentuk suatu wawasan kebangsaan dengan menolak Chauvisme.

GEOSTRATEGI

Strategi adalah politk dalam pelaksanaan, yaitu upaya bagaimana mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan sesuai dengan keinginan politik. Karena strategi pada hakikatnya merupakan suatu seni yang implementasinya didasari oleh intuisi, perasaan dan hasil pengalaman.

Hal – hal yang dalam geostrategi erat kaitanya dalam posisi silang Indonesia sebagai berikut:

  1. geografi
  2. demografi
  3. ideology
  4. politik
  5. ekonomi
  6. social
  7. budaya
  8. hankam

DAFTAR PUSTAKA

Harun,Djaenuddin,dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Rifdan,dkk. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Makassar: Ikatan dosen pendidikan Kewarganegaraan.

Soemiarno,S. 2006. Geopolitik Indonesia. Jayapura: disampaikan pada pelatihan nasional Dosen MPK PKN di Perguruan Tinggi, Jayapura.